Smartphone Terus Geser Kamera Pocket

Minggu, 24 Mei 2015 - 07:06 WIB
Smartphone Terus Geser Kamera Pocket
Smartphone Terus Geser Kamera Pocket
A A A
JAKARTA - Fotografer senior Arbain Rambey mengungkapkan populasi smartphone terus menggeser kamera pocket. Konsumen kini lebih memilih smartphone yang telah disematkan kamera canggih karena lebih praktis dan mobile.

Sebagai informasi pasar kamera pocket di Indonesia terus mengalami penuruan karena digerus pasar smartphone. Penjualan kamera pocket secara keseluruhan sempat menyentuh angka 1,4 juta unit pada 2012, lalu menurun 1,3 juta unit pada 2013, pada 2014 kembali turun menjadi 1,1 juta unit, dan pada 2015 diprediksi tidak sampai 1 juta unit. Sementara pasar smartphone semakin tumbuh dan kini sudah mencapai 80 juta konsumen dan diprediksi meningkat menjadi 120 juta pengguna sampai akhir 2015.

“Karena kepraktisannya pula jangan anggap remeh smartphone yang Anda gunakan. Smartphone merupakan perangkat yang efektif untuk mendukung citizen jurnalism. Ketika ada memonetum besar di depan mata Anda dan kebetulan tidak ada wartawan di tempat lokasi, foto smartphone Anda akan bernilai tinggi sesuai dengan momentumnya. Karena momentum tidak bisa kita ciptakan,” ungkap Arbain, Workshop Jurnalism Smartphone Goes To Campus.

Malahan untuk kasus-kasus tertentu di mana wartawan foto tidak boleh membawa DSLR, smartphone sangat efektif untuk memotret. “Kita bisa berpura-pura selfie, padahal fokusnya ke obyek yang dilarang untuk difoto,” ungkap Arbain.

Hanya saja, lanjut dia harus memiliki tips cerdik dalam mengambil obyek dengan smartphone. Di antaranya, posisi tangan stabil jangan sampai goyang, cek lensa smarphone dan harus sering dibersihkan. Coba mainkan pencahayaan, mulai dari contas, saturasi ke level -1 agar mendapat hasil yang lebih baik. “Tapi pada dasarnya kamera smartphone itu diatur untuk bisa mengambil obyek berbagai kondisi untuk memudahkan penggunanya,” tandas Arbain.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 3.0993 seconds (0.1#10.140)