Inggris Kembangkan Bus Berbahan Bakar Kotoran Manusia

Sabtu, 23 Mei 2015 - 08:53 WIB
Inggris Kembangkan Bus Berbahan Bakar Kotoran Manusia
Inggris Kembangkan Bus Berbahan Bakar Kotoran Manusia
A A A
LONDON - Kondisi kendaraan umum di negara berkembang seharusnya menggunakan bahan bakar ramah lingkungan. Seperti yang dilakukan pemerintah Inggris, yang mengembangkan sebuah bus dengan menggunakan bahan bakar berupa kotoran makhluk hidup, baik itu manusia ataupun binatang.

Seperti yang dilansir dari engadget, Sabtu (23/5/2015), bus ini diberi nama Hound, merupakan salah satu kendaraan yang hadir dengan tenaga kotoran binatang atau manusia. Meskipun berbahan bakar kotoran binatang, jangan remehkan perihal kecepatannya.

Bus ini pun mencatatkan rekor tersendiri, dengan mencapai kecepatan mencapai 77 mil per jam atau setara 123 kilometer per jam. Tenaga bus ini diperoleh dari gas biometana yang didapatkan dari proses anaerobik kotoran sapi. Hal ini lebih dari cukup, meskipun tidak secepat bus yang menggunakan bahan bakar solar.

Namun sayang, rekor ini belum mampu memecahkan rekor dunia Guinness untuk kategori kendaraan yang menggunakan tenaga gas metana. Sebagai informasi bus berbahan bakar metana tercatat memiliki kecepatan 150 mil per jam atau setara 241 kilometer per jam. Hal ini terpaut hampir dua kali lipat. Indonesia selayaknya menerapkan teknologi ini karena dengan kondisi polusi yang cukup tinggi.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6799 seconds (0.1#10.140)