4 Hal yang Bisa Terjadi Apabila Anggota ASEAN Menjadi Satu Negara

Kamis, 26 Januari 2023 - 20:57 WIB
loading...
4 Hal yang Bisa Terjadi Apabila Anggota ASEAN Menjadi Satu Negara
Para pemimpin ASEAN berfoto bersama selama KTT ASEAN yang diadakan di Phnom Penh, Kamboja, 11 November 2022. Foto/REUTERS/Cindy Liu
A A A
JAKARTA - ASEAN merupakan akronim dari Association of Southeast Asian Nations atau biasa dikenal juga sebagai Asosiasi Bangsa-bangsa Asia Tenggara.

Mengutip laman resminya, Kamis (26/1/2023), ASEAN didirikan pada 8 Agustus 1967 di Bangkok, Thailand. Sejumlah negara yang menjadi Founding Fathers adalah Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand.

Selain kelima negara tersebut, seiring waktu negara-negara di kawasan Asia Tenggara lainnya turut bergabung dan menjadi bagian dari ASEAN.

Dari sekian banyak negara anggotanya dengan kondisi berbeda-beda, apa yang akan terjadi apabila ASEAN ini menjadi satu negara kesatuan?

Berikut sejumlah hal yang akan terjadi jika anggota ASEAN menjadi satu negara.

1. Memiliki Wilayah yang Sangat Luas

Apabila semua negara anggota ASEAN bersatu menjadi satu negara, mereka akan memiliki wilayah yang sangat luas, bahkan menjadi salah satu yang terbesar di dunia.

Mengutip informasi dari publikasi ASEAN Key Figures 2021, luas keseluruhan negara anggota ASEAN (sebelum Timor Leste) mencapai angka 4,5 juta kilometer persegi.

Meski secara angka masih terpaut jauh dengan Rusia yang punya luas 17 juta kilometer persegi, tetap saja cakupan luas wilayah tersebut akan menempatkannya dalam jajaran negara-negara dengan wilayah terbesar di dunia.

2. Mempunyai Populasi Besar
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1060 seconds (0.1#10.140)