Tips Mengoptimalkan Halaman Digital bagi Pelaku Bisnis

Minggu, 21 Juni 2015 - 07:01 WIB
Tips Mengoptimalkan Halaman Digital bagi Pelaku Bisnis
Tips Mengoptimalkan Halaman Digital bagi Pelaku Bisnis
A A A
KEMAJUAN teknologi digital saat ini membawa dampak positif bagi pelaku bisnis dan masyarakat. Peluang teknologi digital banyak dimanfaatkan pelaku bisnis sebagai salah satu lahan yang menjanjikan untuk mengembangkan usaha.

Namun tidak hanya pelaku usaha yang diuntungkan, masyarakat juga dimanjakan dengan banyaknya layanan-layanan berbentuk digital yang dikembangkan pelaku bisnis. Seperti bisa kita lihat saat ini masyarakat dapat memesan barang, makanan dan jasa melalui situs online maupun aplikasi smartphone.

Maraknya bisnis digital tidak terlepas dari pengguna internet dan smartphone di Indonesia yang terus berkembang secara pesat. Menurut hasil riset Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJI) pada 2014, jumlah pengguna Internet di Indonesia telah mencapai 88,1 juta dan diperkirakan tumbuh 41%-42% pada 2015.

Untuk pengguna smartphone di Indonesia, Emarketer menyebutkan pengguna smartphone aktif di Indonesia mencapai 52,2 juta pada 2015 dan diprediksi akan mencapai angka 69,4 juta pada 2016.

Dalam memanfaatkan momen ini, para pelaku bisnis yang menggunakan teknologi digital diharapkan selalu menyesuaikan perkembangan teknologi digital agar lebih menarik perhatian bagi para pengguna.

Bobby, head of front- end developer dari Suitmedia memaparkan banyak pelaku bisnis yang menyalah artikan kata "menarik" dari sebuah website ataupun halaman digital sebagai desain web terkini dengan desain grafik dan animasi indah.

Menurutnya, halaman digital yang menarik mempunyai informasi yang jelas mengenai produk atau jasa yang ditawarkan pada saat pengguna atau calon pelanggan mengunjungi website tersebut. "Jika dalam waktu kurang dari 10 detik pengguna tidak bisa mengetahui apa yang ditawarkan dari halaman itu, maka dapat dipastikan halaman tersebut tidak menarik," terang Bobby dalam keterangan tertulisnya kepada Sindonews.

Dia memberikan tips kepada para pelaku usaha agar dapat mengoptimalkan halaman digital bisnisnya. Pertama, utamakan konten daripada tampilan visual. Para pelaku bisnis harus tahu secara jelas apa yang mereka jual dan bagaimana cara menyampaikan pesan itu melalui halaman digital secara optimal.

Kedua, halaman digital atau website harus cepat karena pengguna tidak suka menunggu, seperti penelitian yang dilakukan Amazon.com membuktikan bahwa peningkatan kecepatan website sebanyak 100ms (0.1 second) meningkatkan penjualan sebanyak 1%.

Ketiga, website harus mobile friendly karena saat ini meningkatnya pengguna yang mengakses website melalui smartphone maupun tablet, membuat website yang mobile friendly merupakan hal yang wajib dimiliki. Sehingga, memudahkan pengguna membuka website pada smartphone mereka.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 3.0808 seconds (0.1#10.140)