Nasib Kia Rio Sedan di Indonesia Tersendat Pajak

Jum'at, 03 Juli 2015 - 23:59 WIB
Nasib Kia Rio Sedan di Indonesia Tersendat Pajak
Nasib Kia Rio Sedan di Indonesia Tersendat Pajak
A A A
JAKARTA - Selain mempunyai varian hatcback, Kia Rio juga mempunyai varian sedan. Namun, bagaimana nasib Rio versi sedan di pasar automotif Indonesia? PT Kia Mobil Indonesia (KMI) masih melayani permintaan konsumen.

Meskipun tidak mempunyai stok khusus, Direktur Pemasaran KMI Hartanto Sukmono mengatakan versi sedan memang jarang peminat tapi jika ada konsumen yang berminat, unit akan disiapkan. Masalah pajak menjadi alasan konsumen memilih versi sedan.

”Biaya pajak untuk sedan berbeda, lebih mahal dari versi hatchback. Akibatnya tidak banyak orang Indonesia yang beli sedan. Kalau produknya sama, orang lebih berpikir beli hatchback. Tapi kami tetap menjualnya berdasarkan pesanan,” kata Hartanto.

Sedan masih menjadi jenis mobil yang fungsional karena mempunyai bagasi cukup luas dan mempunyai kesan mewah dibanding hatchback. Peraturan pemerintah yang membuat minat beli konsumen turun, karena mengatagorikan sedan sebagai mobil mewah dengan pajak tinggi.

Pihak KMI lebih cenderung memasarkan varian ini untuk alternatif armada taksi. Namun tentunya mengalami pengurangan dalam hal spesifikasi.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.9092 seconds (0.1#10.140)