Samsung dan Oppo Main Api dengan Pemerintah China

Senin, 06 Juli 2015 - 11:14 WIB
Samsung dan Oppo Main Api dengan Pemerintah China
Samsung dan Oppo Main Api dengan Pemerintah China
A A A
BEIJING - Komisi Perlindungan Hak Konsumen Shanghai secara resmi mengumumkan, telah mengambil tindakan hukum terhadap produsen Samsung dan Oppo. Hal ini terkait dengan aplikasi pra-instalasi pada smartphone mereka.

Dikutip dari Shanghaidailyreport, Senin (6/7/2015), Pengadilan Shanghai Intermediate People mengatakan, beberapa waktu lalu telah menerima kasus terpisah terhadap Tianjin Samsung Telecommunications Technology Co Ltd dan Guangdong Oppo Mobile Telecommunications Co Ltd.

Sekretaris Jenderal Komisi Perlindungan Hak Konsumen Shanghai, Tao Ailian mengajukan tuntutan hukum atas kepentingan umum. Langkah ini diambil setelah menyelidiki keluhan dari masyarakat tentang aplikasi yang tidak diinginkan.

Dalam sebuah studi dari 20 smartphone, komisi menemukan beberapa aplikasi sudah diinstal, banyak yang tidak bisa dihapus. Selain itu juga dikeluhkan, beberapa ponsel "mencuri" data selular.

Dua model yang diadukan adalah Samsung SM-N9008S, dengan 44 aplikasi terinstal sebelum dibeli. Kemudian model Oppo X9007, yang memiliki 71 program terinstal juga.

Pihak komisi menjelaskan, aplikasi terinstal pada model Samsung, termasuk sebuah kamus elektronik dan program belanja online. Model Oppo datang dengan berbagai permainan dan program lainnya.

Perusahaan tidak memberitahu pembeli kehadiran aplikasi-aplikasi tersebut. Menurut komisi, hal ini melanggar hak-hak konsumen.

"Litigasi adalah upaya terbaru untuk melindungi hak-hak konsumen, setelah metode lain gagal," kata Tao, tanpa menjelaskan lebih lanjut tentang apa langkah-langkah lain yang telah diambil.

"Kami berharap hal ini akan memaksa perusahaan lain di sektor ini untuk mengakhiri praktek aplikasi pra-instalasi tanpa memberitahu konsumen. Langkah ini merupakan sesuatu yang diperlukan agar perkembangan seluruh industri menjadi lebih sehat," ucap Tao.

Dalam tindakan hukum, komisi ingin Samsung dan Oppo secara hukum berkewajiban membuat jelas pada kemasan smartphone. Aplikasi apa saja yang telah dipasang dan juga untuk memberikan petunjuk tentang bagaimana menghapusnya.

Samsung dan Oppo memiliki 15 hari dari tanggal kasus yang diterima untuk memberikan jawaban. Setelah itu, kemungkinan pengadilan akan mengumumkan tanggal sidang.
(dyt)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4232 seconds (0.1#10.140)