Layanan Telkomsel 4G LTE Resmi Beroperasi di Makassar

Selasa, 07 Juli 2015 - 09:01 WIB
Layanan Telkomsel 4G LTE Resmi Beroperasi di Makassar
Layanan Telkomsel 4G LTE Resmi Beroperasi di Makassar
A A A
MAKASSAR - Telkomsel meresmikan beroperasinya layanan 4G LTE di frekuensi 1800 MHz secara komersial di kota Makassar. Layanan ini akan meningkatkan pengalaman pelanggan dalam menikmati mobile broadband dan layanan digital lifestyle.

Hal ini juga merupakan bentuk dukungan Telkomsel terhadap rencana pita lebar Indonesia yang dicanangkan pemerintah melalui kementrian Kominfo, dan sebagai langkah nyata di dalam meningkatkan layanan mobile broadband di Indonesia Timur.

Peresmian layanan Telkomsel 4G LTE di Makassar dilakukan oleh Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kemkominfo Kalamullah Ramli, Direktur Utama Telkomsel Ririek Adriansyah, Direktur Sales Telkomsel Mas’ud Khamid, Direktur Planning & Transformation Edward Ying, dan Walilkota Makassar, Ramdhan Pomanto.

Direktur Utama Telkomsel, Ririek Adriansyah mengatakan, pemilihan Kota Makassar sebagai kota pertama digelarnya layanan Tekomsel 4G LTE di frekuensi 1800 MHz secara komersial, merupakan bentuk komitmen kuat Telkomsel di dalam membangun Indonesia Timur melalui teknologi terkini.

"Hadirnya layanan ini diharapkan dapat menambah kenyamanan pelanggan di Makassar, dalam menikmati mobile broadband dan berbagai layanan digital lifestyle," katanya.

Ririek menjelaskan, layanan Telkomsel 4G LTE memungkinkan terjadinya pertukaran informasi secara lebih cepat dan efisien, diharapkan juga akan dapat mempercepat terwujudnya Generasi Digital Indonesia di bagian Timur Indonesia, khususnya di Makassar. Selain itu juga mendukung ‘Makassar Sombere dan Smart City’ seperti yang dicanangkan pemerintah kota.

Makassar sebagai salah satu kota terbesar di Indonesia Timur, saat ini pun terus mengalami pertumbuhan pesat pada layanan data. Hal ini dapat terlihat dari peningkatan konsumsi penggunaan layanan data selama semester I/2015, yakni sebesar 166% dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya.

“Dalam beberapa tahun terakhir kami melihat adanya tren peningkatan konsumsi data kebutuhan akan akses data yang lebih cepat di Makassar, dan untuk itu kami menjawabnya dengan layanan 4G LTE yang dapat diandalkan”, jelas Ririek.

Untuk memberikan pengalaman terbaik kepada pelanggan di Makassar di dalam menikmati jaringan 4G, Telkomsel membangun 150 eNode B yang mencakup lokasi-lokasi strategis termasuk Bandara, Universitas, Mall, Pantai Losari, dan Pusat keramaian lainnya. Saat ini secara nasional Telkomsel memiliki lebih dari 1000 BTS yang tersebar di Jakarta, Bali, Bandung, Surabaya, Medan dan Makassar dengan sekitar 700.000 pelanggan 4G.

“Ketika menggelar layanan 4G LTE di kota baru kami ingin memastikan pemerataan jaringan, sehingga layanan kami dapat mencakup sebagian besar wilayah kota tersebut dan bukan hanya di titik-titik tertentu saja. Selain itu, ketersediaan perangkat dan aplikasi yang sesuai juga berperan penting dalam membangun ekosistem 4G di suatu wilayah baru”, paparnya.

Selain itu, penyelenggaraan jaringan 4G Telkomsel juga diikuti dengan peningkatan kualitas jaringan layanan 3G melalui program TrueBEx (True Broadband Experience), dimana tujuannya adalah meningkatkan kualitas layanan mobile broadband ke pelanggan pada semua jaringan baik 4G maupun 3G.

Telkomsel juga dibantu dalam penyediaan jaringan WiFi Telkom (flashzone seamless), sehingga pelanggan juga memiliki semakin banyak pilihan jaringan broadband, baik dari seluler maupun WiFi.

“Persaingan layanan broadband bukan hanya terletak pada jaringan 4G, namun merupakan kesatuan dari seamless network yang akan memungkinkan seamless mobility sehingga pelanggan akan mendapatkan seamless experience di manapun mereka berada”, pungkas Ririek.
(dyt)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2905 seconds (0.1#10.140)