BPBD DKI: 7 RT di Jaktim Terendam Banjir Akibat Hujan Lebat Sejak Sabtu Malam

Minggu, 12 Februari 2023 - 22:50 WIB
loading...
BPBD DKI: 7 RT di Jaktim Terendam Banjir Akibat Hujan Lebat Sejak Sabtu Malam
BPBD DKI Jakarta mencatat ada tujuh RT di Jakarta Timur yang terendam banjir akibat hujan yang terjadi sejak Sabtu kemarin. Foto ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Hujan dengan intensitas tinggi yang terjadi sejak Sabtu malam, 11 Februari 2023 hingga Minggu sore ini membuat sejumlah wilayah tergenang. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mencatat ada tujuh RT di Jakarta Timur yang terendam banjir.

Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta Isnawa Adji menyampaikan genangan air yang sebelumnya terjadi di lima RT di Jakarta Timur, kini bertambah dua RT menjadi tujuh. Dia menyebutkan dua RT tambahan di Kampung Melayu tersebut diterjang genangan air setinggi 75 sentimeter.

"BPBD mencatat genangan yang sebelumnya terjadi di 5 RT, saat ini menjadi 7 RT atau 0,023 % dari 30.470 RT yang ada di wilayah DKI Jakarta," ujar Isnawa, Minggu (12/2/2023).



Isnawa juga mengungkapkan, gegara hujan lebat tersebut, ketinggian air di Bendungan Katulampa dan pintu air Manggarai pun mengalami kenaikan. Pada pukul 21.00 WIB tadi, Isnawa menyampaikan status keduanya menjadi Siaga 3 atau waspada.



"Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang melanda sebagian besar wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya pada hari Minggu menyebabkan kenaikan status siaga Bendung Katulampa menjadi Siaga 3 (Waspada) dan Pintu Air Manggarai (Waspada) serta genangan di beberapa titik di wilayah DKI Jakarta," kata Isnawa.

Isnawa menambahkan, saat ini pihaknya bekerja sama dengan berkoordinasi bersama unsur Dinas SDA, Dinas Bina Marga, Dinas Gulkarmat guna melakukan penyedotan genangan dan memastikan tali-tali air berfungsi dengan baik bersama dengan para lurah dan camat setempat. "Genangan ditargetkan untuk surut dalam waktu cepat," ucapnya.

Berikut ini tujuh wilayah di Jakarta Timur yang terendam banjir:

Kelurahan Cililitan
- Jumlah: 1 RT
- Ketinggian: 30 cm
- Penyebab: Luapan Kali Ciliwung

Kelurahan Cawang
- Jumlah: 2 RT
- Ketinggian: 30 cm
- Penyebab: Luapan Kali Ciliwung

Kelurahan Bidara Cina
- Jumlah: 2 RT
- Ketinggian: 35 cm
- Penyebab: Luapan Kali Ciliwung

Kelurahan Kampung Melayu
- Jumlah: 2 RT
- Ketinggian: 75 cm
- Penyebab: Luapan Kali Ciliwung
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1652 seconds (0.1#10.140)