Periscope Jadi Aplikasi Pilihan Artis dan Tokoh Dunia

Selasa, 28 Juli 2015 - 09:37 WIB
Periscope Jadi Aplikasi Pilihan Artis dan Tokoh Dunia
Periscope Jadi Aplikasi Pilihan Artis dan Tokoh Dunia
A A A
JAKARTA - Periscope adalah euforia baru di dunia media sosial. Aplikasi yang diluncurkan Twitter pada awal tahun ini, kini sedang digandrungi para tokoh dunia, termasuk politikus, selebriti, dan masyarakat umum.

Di Amerika Serikat, Hillary Clinton yang tengah bertarung dalam pemilihan presiden menggunakan aplikasi live streaming ini untuk kampanye pertamanya di Roosevelt Island, New York, pada pertengahan Juni lalu. Dengan mengandalkan Periscope, istri mantan presiden Amerika Serikat Bill Clintion ini bisa menghemat biaya kampanyenya.

Di Indonesia, selebriti Luna Maya asyik menyajikan siaran langsung kegiatan liburan Lebarannya melalui aplikasi buatan Keyvon Beykpour dan Joe Bernstein ini.

Mulai berziarah ke makam ayahnya, Lebaran ke rumah nenek, hingga liburan ke Paris dan Yunani. Followers pun bisa langsung menyimak, bahkan memberikan komentar melalui Twitter. Tak ada kamera infotainment, tak ada satu pun wartawan yang mengerubunginya.

Nah yang ada hanya sebuah kamera dari smartphone dan sebuah aplikasi Twitter yang dipegang langsung oleh sang artis. Itulah kehebatan Periscope, aplikasi terbaru yang melengkapi fitur live streaming di Twitter. Berbeda dengan Meerkat, aplikasi sejenis yang juga dimiliki Twitter, yang hanya bisa ditonton saat siaran sedang berlangsung, Periscope adalah fitur siaran langsung yang bisa ditonton kembali dalam waktu 24 jam.

Jadi, jika ada followers yang tertinggal untuk menonton siaran langsung tersebut, bisa tetap menyaksikan video artis idola mereka itu. Cara kerja aplikasi yang sudah diunduh ratusan ribu pengguna ini pun sangat mudah.

Pengguna yang akan melakukan siaran langsung tinggal mengikuti petunjuk dengan menekan beberapa tombol, di antaranya apakah ingin membuatnya sebagai siaran “private” atau “public”.

Ketika pengguna selesai menyiarkan video, mereka juga bisa membagikan tautan ke follower Twittersehingga mereka yang tertinggal dapat menyaksikan kembali melalui fitur reply. Begitu mudah dan menariknya Periscope dalam melakukan siaran langsung yang cukup interaktif, membuat banyak pengguna Twitter jadi kecanduan. Penggunaan Periscope sebenarnya bisa diimplementasikan ke banyak bidang.
(dyt)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6458 seconds (0.1#10.140)