GIIAS Ajak Siswa SMK Kunjungi Pabrik Perakitan Mobil

Jum'at, 31 Juli 2015 - 14:59 WIB
GIIAS Ajak Siswa SMK Kunjungi Pabrik Perakitan Mobil
GIIAS Ajak Siswa SMK Kunjungi Pabrik Perakitan Mobil
A A A
JAKARTA - Gaikindo dari tahun ke tahun, berbagai program digalang untuk memberikan motivasi kepada para pelajar agar terus menggali ilmu dan mengembangkan kemampuannya. Tak terkecuali di tahun ini lewat program Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015 Educare.

Untuk memberikan wawasan dan informasi terkini mengenai kemajuan dan pencapaian serta hasil produk dari industri automotif nasional, Gaikindo dalam rangkaian program pre-event GIIAS Educare, menyelenggarakan program Students Visit to Assembly Plant.

Dengan melibatkan para peserta pameran (APM) untuk menunjukkan kepeduliannya terhadap dunia pendidikan di Indonesia, khususnya di bidang automotif. Kunjungan pabrik ini merupakan salah satu bagian dari program Educare yang didedikasikan untuk pelajar SMU/SMK di wilayah Jabodetabek.

Students Visit kali ini mengunjungi pabrik Suzuki, dan Isuzu. Kunjungan pertama telah dilakukan Selasa, (28/7/2015), ke pabrik PT Suzuki Indomobil Motor di Cikarang. Sebanyak kurang lebih 50 orang siswa dari Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Tangerang.

Yudonendito, Assistant to Department Head of body Assembly Production di Cikarang, mengatakan, “Kunjungan ini merupakan sebuah media bagi para siswa untuk mengetahui lebih jauh tentang dunia otomotif. Kami berharap hal serupa dapat terus terjalin di kemudian hari.”

Acara kunjungan dimulai dengan factory tour, peserta dibagi dalam dua kelompok dan menjelajahi beberapa area pabrik mulai dari bagian Powertrain, dimana paserta dapat melihat bagaimana proses pembuatan engine dan transmisi mobil hingga proses perakitannya.

Selanjutnya, peserta diajak melihat area Body Assembly Production, mulai dari bagian Pressing & Welding, hingga perakitan bodi mobil dan Final Inspection.

Salah satu siswa dari SMKN 2 Tangerang, Danu Ramadani mengungkapkan kekagumannya setelah mengikuti rangkaian acara ini. “Pabriknya sangat luas dan alat-alatnya sangat canggih”, tutur Danu. Hal ini disampaikan pada saat tanya jawab yang meperlihatkan antusiasme para siswa terhadap dunia otomotif dan pabrik Suzuki.

Sedangkan pada 29 Juli 2015, program GIIAS Educare Students Visit to Assembly Plant bersama SMKN 5 Jakarta berkesempatan mengunjungi pabrik baru PT. Isuzu Astra Motor Indonesia, yang berlokasi di Karawang.

Andy Wismarsyah, Presiden Direktur PT Seven Events selaku penyelenggara Pameran GIIAS 2015, mengatakan dalam keterangan tertulisnya Jumat (31/7/2015), ”Kami harap melalui program ini siswa dapat memperluas pengetahuan dan pemahaman mengenai disiplin ilmu disertai penerapannya pada dunia industri otomotif secara riil sehingga mampu mempersiapkan diri pada dunia kerja nanti,” ujarnya.

Andy juga menjelaskan selain Students Visit to Assembly Plant tahun ini program sosial Gaikindo lewat GIIAS Educare guna memotivasi generasi penerus industri otomotif Indonesia juga akan mencakup Travelling & Teaching, Book Donation, Studentss Day, dan Tools for School.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6348 seconds (0.1#10.140)