OnePlus 2 Menyapa Indonesia

Sabtu, 01 Agustus 2015 - 13:06 WIB
OnePlus 2 Menyapa Indonesia
OnePlus 2 Menyapa Indonesia
A A A
JAKARTA - Akhirnya konsumen di Tanah Air dapat melihat perangkat terbaru besutan OnePlus. Vendor asal China yang dikenal lewat produk pertamanya, OnePlus One, menghadirkan perpaduan perangkat premium dengan harga mid-range OnePlus 2.

Pihak OnePlus yang diwakili Michael Tideback, expansion manager OnePlus mengklaim, sesuai dengan tagline OnePlus 2 "Flagship Killer 2016" perangkat ini akan menjadi flagship terhebat dibandingkan vendor lain.

"Karena perangkat ini memiliki fitur terbaru di kelas premium seperti laser autofocus pada kameranya kemudian juga fingerprint scanner untuk keamanan serta USB type-C," ujar Michael.

Acara soft launching OnePlus 2 yang diadakan di Conclave Coworking Space di Jakarta, Jumat (31/7/2015) bisa dibilang unik karena tiap media hanya diberikan waktu sebanyak tidak lebih dari 5 menit untuk menyentuh sekaligus mengabadikan perangkat terbaru dari OnePlus dan tidak banyak pemaparan yang diberikan mengenai perangkat terbaru OnePlus.

Kendati demikian jurnalis masih sempat sedikit mencoba seperti apa perangkat OnePlus terbaru tersebut.

Melihat desain boleh dibilang OnePlus 2 tidak jauh berbeda dengan perangkat sebelumnya, menggunakan bingkai aluminium-magnesium namun memiliki tepian logam. Kendati begitu harus diakui bahwa desainnya menarik pandangan dan dengan bodi belakangnya yang bertekstur kasar membuat OnePlus 2 nyaman dipegang meskipun berukuran 5'5 inci serta bobotnya 175 gram.

Bagian yang berbeda adalah letak tombol volume yang kini berada berdampingan dengan tombol daya di sisi kanan dan pada sisi kiri terdapat alert slider yang memungkinkan kita mengatur notifikasi perangkat dengan cepat.

Selain itu, pada bagian bawah terdapat lubang speaker serta usb port yang kini sudah mengadopsi usb type-C sehingga pengisian dan transfer data menjadi lebih cepat.

Nah lanjut ke spesifikasi dari OnePlus 2, perangkat ini memiliki layar display full HD 5'5 inci IPS LCD-In Cell dan merespon sinar matahari yang datang dari segala arah untuk menghadirkan tampilan yang tetap jernih serta dilapisi pelindung Corning Gorilla Glas 4. Perangkat ini dibekali dengan baterai berkapasitas 3.300 mAh serta mendukung penggunana dua kartu SIM berukuran nano di koneksi 4G secara bersamaan.

Lalu masuk ke dapur pacunya, bisa dilihat bahwa OnePlus 2 sudah menggunakan prosesor terbaru dari Qualcomm, yakni Snapdragon 810 v2.1 64bit Octa-core sehingga berbeda dengan pendahulunya yang hanya menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 801 Quad-core.

Pihak Qualcomm yang hadir dalam acara tadi juga menuturkan bahwa kendati prosesor terbaru mereka banyak dilaporkan mengalami overheat namun pihaknya mengatakan bahwa pada perangkat ini kasus tersebut tidak akan terjadi karena prosesor sudah diintegrasikan dengan baik bersamaan dengan pengolah grafis dan aspek lain pada dapur pacu.

Jadi secara tidak langsung pihak Qualcomm menyatakan bahwa kasus overheat bukan disebabkan semata-mata oleh prosesornya.

Kembali ke dapur pacu, perangkat terbaru OnePlus ini juga mengalami peningkatan pada pengolah grafis, yakni sudah menggunakan Adreno 430 yang sebelumnya menggunakan Adreno 330.

Khusus untuk perangkat terbarunya kini OnePlus membekali dengan dua varian, yakni varian kapasitas memori 16 GB dengan RAM 3 GB dan memori 64 GB dengan eMMC 5.0 Flash Memory serta RAM LPDDR4 4 GB sehingga dapat menjalankan beberapa aplikasi sekaligus. Lagi, disayangkan bahwa perangkat ini masih tidak menyediakan slot memori eksternal.

Untuk kemampuan kamera belakangnya OnePlus 2 memiliki kamera 13 MP yang dilengkapi dengan enam lensa fisik dan bukaan f/2.0. Berkat bantuan laser autofocus sehingga focus kamera dapat diperoleh hanya dalam waktu 0,33 milidetik. Kamera depannya wide angle 5 MP.

OnePlus 2 juga sudah berjalan di Android Lollipop 5.1 yang diadopsi ke sistem operasi ciptaan OnePlus sendiri, yakni OxygenOS. Ya, jika OnePlus One mengadopsi Cyanogen kini berbeda namun boleh dibilang antarmuka masih tidak jauh berbeda. Namun, OxygenOS diakui memang memberikan pengalaman yang berbeda ketimbang user interface bawaan Android.

Perangkat OnePlus 2 sendiri akan tersedia di Asia Tenggara untuk pertama kalinya di Indonesia, Singapura, dan Malaysia. Perangkat ini akan dipasarkan pada kuartal empat tahun 2015 dengan banderol Rp 5,4juta untuk varian OnePlus 2 memori 64 GB dengan RAM 4 GB.

Sayang, untuk saat ini pihak yang dapat mencoba dan membeli perangkat ini hanya sebatas pada mereka yang mendapatkan undangan.

Baca juga:

OnePlus 2 Meluncur Usung Teknologi Terdepan

OnePlus Undang Peluncuran OnePlus 2 Lewat Aplikasi
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4026 seconds (0.1#10.140)