Green Geoneration dari Toyota Eco Youth Berangkat ke Jepang

Minggu, 02 Agustus 2015 - 10:46 WIB
Green Geoneration dari Toyota Eco Youth Berangkat ke Jepang
Green Geoneration dari Toyota Eco Youth Berangkat ke Jepang
A A A
JAKARTA - Program Toyota Eco Youth (TEY) kini masuk gelaran yang 9. Dan tahun ini, sebanyak 1.709 proposal yang masuk dari 317 sekolah berlomba melahirkan inovasi baru dan peduli terhadap lingkungan. Total 12 finalis mengikuti katergori Science dan 8 masuk kategori Sosial.

Awalnya program ini hanya mengubah cara pandang generasi muda menjadi generasi 'Green Mindset' yang peduli terhadap lingkungan. Kini berkembang menjadi generasi 'Green Geoneration' yang peduli terhadap lingkungan dan melakukan memecahkan permasalahan lingkungan di sekitar sekolah.

Dalam proses penjurian akhirnya sebanyak 20 sekolah tingkat SMA dan SMK yang menjadi finalis Toyota Eco Youth ke-9. Dan akhirnya telah diumumkan para pemenang untuk kategori Science, Sosial, dan Best of The Best dilakukan di mal Gandaria City, Jakarta Selatan, Sabtu (1/8/2015).

Dari Pulau Bali, karya berupa “Limbah Upacara Yadnya” hasil pekerjaan SMAN 6 Denpasar berhasil menjadi juara 1 di kategori Science. Juara 1 di kategori Sosial diraih SMAN 19 Bandung dengan proyek Babarengan “Mengurangi Polusi dengan Berinteraksi”.

Uang tunai sebesar Rp 70 juta diberikan Toyota Indonesia kepada juara pertama di masing-masing kategori. Sedangkan juara kedua dan ketiga mendapat hadiah Rp 50 juta dan Rp 30 juta. SMAN 19 Bandung juga mendapatkan gelar Best of The Best dan berhasil memenangkan hadiah berupa pelatihan tentang lingkungan di Jepang.
eco youtheco youthHadiah yang diberikan Toyota Indonesia adalah wujud apresiasi buat inovasi generasi muda yang peduli lingkungan. Dan sebagai apresiasi tertinggi, satu peserta yang meraih Best of the best akan diberangkatkan ke Jepang. Toyota Indonesia terus menggelar Toyota Eco Youth sejak 2005 agar menjadi wadah ide inovatif dan potensi anak bangsa.

Juri yang dilibatkan yaitu Arief Rachman Hakim (Guru Besar Universitas Negeri Jakarta), Jatna Supriatna (Kepala Pusat Perubahan Iklim Universitas Indonesia), Rene Suhardono (pakar sosial media & gerakan sosial), serta Didi Kaspi Kasim (praktisi media).

Daftar pemenang Toyota Eco Youth ke-9:
Kategori Science
1. SMAN 6 Denpasar, proyek “Lembah Upacara Yadnya”.
2. SMAN 1 Blora, proyek “Kincir Angin Sumbu Vertikal dan Solar Cell sebagai Pembangkit Listrik pada Perangkap Serangga”.
3. SMAN 6 Banjarmasin, proyek “Pembuatan Alat Sederhana Penetralisir Air Asam Rawa Gambut Menjadi Air Layak Konsumsi”.

Kategori Sosial
1. SMAN 19 Bandung, proyek “Mengurangi Polusi dengan Berinteraksi”.
2. SMAN 5 Surabaya, proyek “Cyber Nature”
3. SMAN 1 Ubud dengan proyek “Bike & Walk, Solusi Pencegahan Alih Fungsi” sebagai juara 3.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1047 seconds (0.1#10.140)