Daihatsu: Segmen Komersil Masih Bagus dibanding Passenger di Jabar

Jum'at, 04 September 2015 - 15:33 WIB
Daihatsu: Segmen Komersil Masih Bagus dibanding Passenger di Jabar
Daihatsu: Segmen Komersil Masih Bagus dibanding Passenger di Jabar
A A A
JAKARTA - Kondisi ekonomi yang lesu sangat berpengaruh dengan penjualan kendaraan roda empat baik itu komersil maupun passenger. Tahun ini total pasar penjualan di Jawa Barat setiap bulannya mencapai 7.000 unit untuk semua merek. Untuk segmen low multi purpose vehicle (LMPV), mencapai 1.800 unit. Untuk merek daihatsu setiap bulannya menguasai 11% dari pasar LMPV.

Data ini diungkapkan langsung oleh Regional Head of West Java Area, Budiman Setiadiwirya saat menemani wartawan melakukan test drive Daihatsu Great New Xenia.

"Jika melihat tahun lalu, total pasarnya saja menurun, untuk merek Daihatsu mengalami penurunan 31%. Penurunan ini karena kompetisi pasar yang semakin ketat apalagi kondisi ekonomi kita juga kurang baik," ujarnya.

Beberapa tahun yang lalu hanya dua merek yang bermain di segmen LMPV yaitu Daihatsu dan Toyota, seiring berjalannya waktu beberapa Agen Pemegang Merek juga bermain di segmen ini. Bisa jadi tahun depan akan bertambah lagi yang bermain di LMPV.

Persaingan semakin kompetitif, secara otomatis pasar akan terbagi bagi. Meskipun persaingan semakin sengit tidak berlaku untuk segmen pick up merek Daihatsu yang justru mengalami peningkatan.

Tahun lalu total penjualan keseluruhan merek untuk jenis pick up mencapai 1.200 unit per bulan. Untuk tahun ini mengalami kenaikan 3%.

"Penjualan kita yang paling besar masih di segmen pick up, sebulan kita bisa menjual 400 unit, kedua Ayla 241. Selanjutanya Xenia dan Terios," ujarnya.

Ini menandakan bahwa kegiatan industri atau pedagangan yang mebutuhkan mobil jenis pick up masih berjalan dengan baik. Terlihat dari pejualan di segmen komersil lebih tinggi dibanding passenger.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.8192 seconds (0.1#10.140)