Pria India Sukses Ubah Mobil Termurah di Dunia Jadi Kendaraan Tenaga Surya

Jum'at, 17 Maret 2023 - 13:00 WIB
loading...
Pria India Sukses Ubah Mobil Termurah di Dunia Jadi Kendaraan Tenaga Surya
Manojit Mondal mengaku cuma habis biaya Rp5.000-an untuk penggunaan mobil tersebut. Foto/Times of India.
A A A
JAKARTA - Masih ingat dengan mobil buatan India, Tata Nano ? Mobil tersebut pernah bikin geger dunia karena diklaim jadi mobil termurah yang pernah ada.

Pertama kali dirilis pada 2008, Tata Nano memang punya banderol yang bikin semua orang terbelalak. Tata Motors waktu itu menjualnya di harga 100.000 Rupee atau sekitar Rp20 jutaan.

Tidak heran jika saat itu Tata Nano cukup popular di India. Hanya saja mobil tersebut sudah disuntik mati pada 2018. Namun hingga kini populasi Tata Nano di India masih cukup besar.

Salah satunya dimiliki oleh seorang pengusaha asal Bankura, India, Manojit Mondal. Hebatnya Tata Nano yang dimiliki Manojit Mondal itu bukanlah Tata Nano biasa.



Pria India Sukses Ubah Mobil Termurah di Dunia Jadi Kendaraan Tenaga Surya


Disebutkan News18, Manojit Mondal sejak dulu memang ingin membuat mobil tenaga surya atau matahari. Kebetulan saja mobil yang dia miliki adalah Tata Nano.

Dari situ dia kemudian berupaya mewujudkan mimpinya. Dia langsung mencopot mesin mobil tersebut dan memasang baterai. Bagian atap mobil juga diganti dengan panel surya.

Seluruh energi yang dikumpulkan dari panel surya itu kemudian diubah menjadi listrik dan dikirimkan ke baterai. Sistem itu kemudian menggerakkan roda depan dari Tata Nano itu.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3237 seconds (0.1#10.140)