Cuma Satu Menit Pria Ini Jadi Pemilik Google.com

Minggu, 04 Oktober 2015 - 11:24 WIB
Cuma Satu Menit Pria Ini Jadi Pemilik Google.com
Cuma Satu Menit Pria Ini Jadi Pemilik Google.com
A A A
MOUNTAIN VIEW - Tidak bisa dibayangkan jika kita bisa membeli Google.com, meskipun hanya satu menit. Dan hal ini terjadi oleh seorang mantan pegawai Google, Sanmay Ved.

Dilansir dari Firstpost, Minggu (4/10/2015), ia terkejut saat dalam waktu senggangnya melakukan pencarian domain Google dan diketahui domain satu itu siap dibeli.

"Pembelian tersebut berhasil dilakukan dan pembayaran melalui kartu kredit dan menunjukkan jika transaksi yang dilakukan berhasil," jelas Ved dalam sebuah postingan.

Setelah selesai melakukan transaksi pembelian, dia menerima dua buah email dari Google (yang bukan merupakan prosedur biasa). "Selain itu, Google Search Console saya (alias Google Webmaster Tools) secara otomatis ter-update dengan pesan webmaster terkait domain Google.com, menjelaskan jika kepemilikan dipindahkan ke saya," paparnya lebih lanjut.

Ved juga mendapatkan pesan di Search Console, yang biasa telah diverifikasi oleh admin sebagai pemilik, dan juga menyatakan bahwa ia sekarang adalah pemilik nama domain.

"Tentu saja akses telah dihapus ketika domain dibawa kembali oleh Google," tambahnya.

Pembayaran telah berhasil dilakukan Ved atas pembelian Google.com sebesar USD12 atau sekitar Rp175.750. Tidak lama kemudian, masuk email pembatalan dari Google Domain. Dan pendaftaran kepemilikian Google oleh Ved pun langsung dibatalkan. Setidaknya Ved mengakui, rasa bangganya berhasil memiliki domain Google.com, meskipun hanya satu menit.

Sebetulnya ini bukanlah kali pertama jika sebuah perusahaan raksasa sengaja menempatkan nama domainnya dijual. Pada 2013, Microsoft lupa memperbaharui domain Hotmail Inggris terdaftar dengan Nominet Inggris, yang mengakibatkan ke kembali ke pasar terbuka untuk dapat dibeli oleh siapa saja.
(dyt)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4907 seconds (0.1#10.140)