Kini, Belanja di Bukalapak Bisa Bayar di Indomaret

Selasa, 27 Oktober 2015 - 12:35 WIB
Kini, Belanja di Bukalapak Bisa Bayar di Indomaret
Kini, Belanja di Bukalapak Bisa Bayar di Indomaret
A A A
JAKARTA - Bukalapak menambah fitur pembayaran dengan menggandeng Indomaret untuk memberikan kemudahan pembayaran transaksi belanja di Bukalapak lebih dari 11.500 gerai Indomaret di seluruh Indonesia.

CEO dan Co-Founder Bukalapak.com Achmad Zaky mengatakan, kerja sama ini bentuk komitmen dan inovasi Bukalapak memberikan kemudahan, kenyamanan, dan keamanan pembeli yang berbelanja di Bukalapak.

Menurutnya, metode pembayaran masih menjadi salah satu kendala berkembangnya e-commerce di Indonesia, mengingat kepemilikan rekening bank masih cukup rendah. Masyarakat yang tidak memiliki rekening bank menjadi enggan untuk berbelanja online karena harus transfer dana untuk pembayaran belanja.

Mengutip data yang disampaikan pejabat eksekutif Finance & Strategy PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, total pemilik rekening bank di Indonesia hanya sekitar 60 juta orang dari total populasi penduduk di Indonesia yang berkisar 250 juta jiwa.

"Untuk itu Bukalapak menghadirkan fitur pembayaran belanja dengan menggandeng Indomaret agar pembeli tetap bisa bertransaksi meskipun mereka tidak memiliki rekening bank," kata dia dalam rilisnya, Jakarta, Selasa (27/10/2015).

Pembayaran melalui Indomaret selain secara kontan dapat juga menggunakan metode pembayaran lain seperti kartu debit, Indomaret Card, vouvher Indomaret, Flazz, E-money.

Proses pembayarannya mudah, yakni etelah memilih barang yang hendak dibeli di Bukalapak.com, pembeli kemudian memilih metode pembayaran via Indomaret dan mencatat nomor transaksi. Kemudian bayar ke kasir Indomaret di mana saja sesuai nomor transaksi.

Setelah proses pembayaran di Indomaret selesai, sistem Bukalapak akan memverifikasi status pembayaran secara otomatis. Tetapi jika transaksi mengalami kendala, foto struk transaksi pembayaran di Indomaret dan kirimkan ke Customer ervice Bukalapak untuk konfirmasi.

Selanjutnya tinggal menunggu barang pesanan datang ke alamat yang dituju, bukan diambil di Indomaret tempat melakukan pembayaran. Apabila barang belum dikirim dalam waktu 4x24 jam maka Bukalapak akan mengembalikan uang ke dalam Buka Dompet, bukan ke Indomaret.

Marketing Director PT Indomarco Prismatama Wiwiek Yusuf mengatakan, selain memudahkan pembeli di Bukalapak, kerja sama ini diharapkan dapat meningkatkan jumlah dan frekuensi kunjungan konsumen ke Indomaret.

Sejak dibuka 28 September 2015 layanan baru ini mendapat respon positif terlihat dari jumlah transaksi yang terus meningkat, tercatat hingga pertengahan Oktober 2015 jumlah transaksinya lebih dari 3.700 kali.

"Paling tidak dengan satu juta pembeli di Bukalapak per bulan, kami optimis 25% di antaranya akan melakukan pembayaran di Indomaret," kata Wiwiek.

Untuk memanjakan konsumen, mulai 1 November hingga 31 Desember 2015 Indomaret memberikan gratis sebotol Teh Hijau Melati Indomaret setiap transaksi pembayaran belanja Bukalapak di Indomaret.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6595 seconds (0.1#10.140)