Penjualan Turun 7% Honda Fokus di Penjualan CBR 150 dan Sonic

Senin, 09 November 2015 - 17:23 WIB
Penjualan Turun 7% Honda Fokus di Penjualan CBR 150 dan Sonic
Penjualan Turun 7% Honda Fokus di Penjualan CBR 150 dan Sonic
A A A
SURABAYA - Pasar motor Honda di Jawa Timur (Jatim) mengalami penurunan penjualan hingga 7%. Untuk meningkatkan penjualan, Honda memfokuskan penjualan pada tipe sport seperti CBR dan Sonic.

PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk (MPM) sebagai dealer resmi Honda Motor di Jawa Timur (Jatim) telah menggenjot penjualan motor sport, saat ini penjualan setiap bulannya mencapai 7 ribu unit. Penjualan ini bisa mendorong penjualan Honda secara keseluruhan, karena banyak pembeli yang memilih untuk menunda pembelian.

“Penjualan Honda sedang turun 7%, kami akan menjadikan motor sport sebagai pendongkrak penjualan,” kata Presiden PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk (MPM), Suwito dalam acara Kompetisi Riset Marketing Nasional 2015, Senin (9/11/2015).

Suwito mengatakan, saat ini daya beli masyarakat semakin berkurang. Penjualan motor sport seperti CBR dan Sonic diprediksi akan meningkatkan penjualan. Bahkan, penjualan sport ini akan mendongkrak penjualan dan memenuhi target penjualan sebesar 800 ribu tahun ini, sebab saat ini Jatim baru membukukan penjualan sebesar 663 unit.

Saat ini, pihaknya tidak mau ceroboh dalam menentukan target penjualan. Hal ini terjadi lantaran kondisi pasar sedang tidak
menentu, kondisi ini berpengaruh terhadap penjualan Honda Jatim.

MPM menyebutkan, ada penurunan pembelian sebesar 7% dari tahun lalu dengan bulan yang sama. Tahun lalu, penjualan hingga September berkisar 900 ribuan, tetapi saat ini baru mencapai 890 ribu unit.

Titian Supeno, Direktur SDM PT MPM menyatakan, saat ini Honda terus melakukan inovasi penjualan. Inovasi tersebut juga bisa dipergunakan untuk mempertahankan penguasaan market share di Jatim, meski saat ini Honda masih menjadi penguasa penjualan produk motor.

“Inovasi penjualan akan kami cari, marketing kami harus memiliki kelebihan dalam berjualan,” katanya.

Disisi lain, PT Astra Honda Motor telah membukukan kenaikan penjualan yang signifikan pada segmen sepeda motor sport. Sepanjang September 2015, penjualan sepeda motor sport Honda mencapai 33.118 unit atau naik 70,1% dibandingkan bulan sebelumnya lantaran kontribusi seri All New Honda CB150R StreetFire dan New Honda Sonic 150R.

General Manager Sales Division Astra Honda Thomas Wijaya mengatakan All CB150R Street Fire memberikan kontribusi terbesar, yaitu 14.048 unit, diikuti varian light sport New Honda Sonic 150R sebanyak 7.136 unit.

Menurut dia, dua produk itu diminati konsumen karena memiliki desain khusus yang sesuai dengan kebutuhan pencinta sepeda motor sport yang menyukai kelincahan berkendara dengan performa mesin andal. “Kami masih sangat optimis bisa menjual sport ini,” katanya.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7970 seconds (0.1#10.140)