Cloud Dorong Perkembangan Smart City di Indonesia

Kamis, 26 November 2015 - 08:23 WIB
Cloud Dorong Perkembangan Smart City di Indonesia
Cloud Dorong Perkembangan Smart City di Indonesia
A A A
JAKARTA - Kota-kota di Indonesia kini sedang gencar menerapkan konsep smart city. Semua itu demi meningkatkan kualitas hidup warganya dengan menyelesaikan masalah perkotaan, seperti kemacetan, kepadatan penduduk, hingga penumpukan sampah, dan sebagainya.

Implementasi smart city tidak dapat dipisahkan dari teknologi cloud. Pasalnya, arus lalu lintas data dari dan menuju aplikasi penunjang sensor yang dibutuhkan dalam mewujudkan smart city semakin masif.

Tentu akan merepotkan apabila segala data dan informasi dalam aplikasi diterapkan pada data center on-premise. Hal ini disebabkan infrastruktur on-premise belum tentu dapat mengikuti perkembangan arus data tersebut secara cepat, baik dari segi kapasitas maupun teknologi.

Menambahkan kapasitas atau fungsionalitas baru di data center on-premise membutuhkan waktu dan proses yang jauh lebih lama di bandingkan dengan cloud. Ada segudang problematika yang muncul saat melakukannya, mulai dari kompatibilitas, hingga biaya yang dibutuhkan dalam proses tersebut.

"Pemerintah kota menggandeng sejumlah penyedia layanan sebagai mitra demi menghubungkan berbagai perangkat, sensor dan masyarakat dalam mewujudkan visi smart city," ujar Country Manager F5 Indonesia, Fetra Syahbana dalam keterangan tertulisnya, Kamis (26/11/2015).

Dia menuturkan, perlahan tapi pasti kota-kota di Indonesia sedang dalam perjalanan menuju smart city. Aplikasi dan konektivitas kian menjadi pusat dari smart city, dan teknologi yang memungkinkan arus data dan informasi yang berseliweran di dalamnya semakin banyak.
(dyt)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0208 seconds (0.1#10.140)