Telkom Bidik 3 Juta Pelaku UKM

Jum'at, 15 Januari 2016 - 17:47 WIB
Telkom Bidik 3 Juta Pelaku UKM
Telkom Bidik 3 Juta Pelaku UKM
A A A
JAKARTA - PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) pada tahun ini membidik 3 juta pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) dengan memberikan fasilitas layanan digital.

Direktur Enterprise dan Business Telkom Muhammad Awaluddin mengatakan pada tahun 2015 silam, perseroan telah berhasil mengajak 1 juta lebih pelaku UKM untuk memanfaatkan layanan digital atau Information & Communication Technology (ICT).

"Dimana dari jumlah tersebut, lebih dari 90% masih berkutat pada segmen usaha mikro," kata Awaluddin saat menghadiri peluncuran layanan solusi bisnis Sahabat UKM di Jakarta, Jumat (15/1/2016).

Untuk mencapai target tersebut, kata dia, perseroan akan menggenjot lewat pemanfaatan digital. Terkait tren pemanfaatan digital, menurutnya, Sobat UKM akan dilengkapi dengan digital interaktif terkait tips berbisnis, maupun teritorial seputar UKM.

"Ada tiga persoalan yang sering dihadapi pelaku UMKM, yakni capital, commerce, dan competence. Nah, Telkom sudah ada tiga C itu dan akan kami bawa bagi pengembangan pelaku UMKM di Indonesia," imbuhnya.

Lebih lanjut Awaluddin menjelaskan, pihaknya mengedepankan tiga C lainnya dalam membantu para pelaku UKM. Yakni, commitment, colaboration, dan confidence. Dia mengklaim, Telkom adalah satu-satunya operator telekomunikasi di Indonesia yang menerapkan layanan tersebut.

"Kami satu-satunya operator bagi para sahabat UKM, karena Telkom konsen sebagai agent of development. Saya gemes kalau banyak pelaku usaha yang kelola UKM masih pakai cara tradisional. Di Singapura dan Hong Kong maju pesat karena mereka memanfaatkan teknologi informasi," ungkap dia.

Dia juga menerangkan, jumlah segmen pelaku usaha kecil di Indonesia cukup potensial. Jumlahnya sekitar 1-2% dari total 57 juta pelaku UKM di Indonesia. Pelaku UKM menyasar seluruh kategori industri usaha kecil seperti manufaktur, hospitality, ritel, dan trading.

"Tahun ini diharapkan mampu menggenerate trafic 2,25 juta, ini termasuk trafic yang dilalui oleh tele account manager," imbuhnya.

Sebagai informasi, Telkom memperkenalkan sebuah layanan khusus melayani pelaku usaha kecil dengan brand Sobat UKM. Untuk mengakses layanan tersebut, operator BUMN tersebut menyediakan multi channel, mulai akses nomor khusus 1500249, via website www.sobat-ukm.com yang menyediakan berbagai alternatif chat hingga konsultasi.
(dyt)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8735 seconds (0.1#10.140)