Awal Tahun Penjualan Komputer Membaik

Minggu, 17 Januari 2016 - 18:03 WIB
Awal Tahun Penjualan Komputer Membaik
Awal Tahun Penjualan Komputer Membaik
A A A
SEMARANG - Penjualan komputer di Kota Semarang diawal 2016 mengalami perbaikan. Peningkatan penjualan tidak hanya terjadi pada komputer jinjing atau laptop namun juga PC.

Ketua Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia (Apkomindo) Jawa Tengah Edy Kiswanto mengatakan, penjualan komputer mengalami lonjakan hingga 25 % sejak akhir 2015 hingga saat ini.

"Jenis komputer yang banyak diminati konsumen adalah notebook atau komputer jinjing ukuran kecil dan personal computer (PC),"katanya, kemarin.

Disebutkannya, salah satu faktor meningkatnya penjualan karena harga komputer yang masih stabil dan hanya beberapa merek dan tipe tertentu yang mengalami kenaikan. "Memang ada yang naik tapi tidak banyak paling hanya Rp50-100 ribu, itupun hanya untuk model baru,"imbuhnya.

Meski penjualan mengalami peningkatan, harga komputer tidak lantas mengalami kenaikan signifikan. Bahkan, ada beberapa di antaranya yang harganya masih stabil.

"Biasanya peningkatan harga terjadi untuk tipe-tipe tertentu, kebanyakan adalah tipe-tipe baru dari masing-masing merek. Untuk besaran kenaikan harga antara Rp50 ribu-100 ribu/unit," katanya.

Menurut Edy, harga komputer tidak berpengaruh dengan kondisi fluktuasi nilai tukar rupiah terhadap dollar. Hal itu karena saat ini harga komputer sudah menggunakan rupiah. Memang ada beberapa yang masih mengggunakam dollar namun tidak banyak dan kebanyakan hanya aksesoris.

Selain faktor harga, saat ini beberapa proyek pengadaan komputer dari instansi pemerintah yang sudah jalan. "Konsumen mayoritas berasal dari instansi Pemerintah. Kemungkinan Pemerintah sengaja menjadikan momentum akhir tahun hingga awal tahun untuk berbelanja kebutuhan perkantoran,"ujarnya.

Kabid Pameran Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia (Apkomindo) Jawa Tengah, AM Ishak menambahkan, dengan kondisi harga komputer yang masih stabil dapat terus mendongkrak penjualan komputer. "Tahun 2015 penjualan kurang baik. Mudah-mudahan tahun ini lebih baik,"tambahnya.

Oleh karena itu Ishak menghimbau masyarakat, untuk merealisasikan pembelian perangkat komputer, sebelum mengalami kenaikan harga, pasalnya tidak menutup kemungkinan di semester pertama ini harga komputer segera naik.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.7557 seconds (0.1#10.140)