4 Bahan Alami untuk Atasi Masalah Ketombe hingga Rambut Rontok

Sabtu, 29 April 2023 - 11:29 WIB
loading...
4 Bahan Alami untuk Atasi Masalah Ketombe hingga Rambut Rontok
Menjaga kelembaban kulit kepala merupakan hal yang sangat penting / Foto: ilustrasi/ist
A A A
JAKARTA - Menjaga kelembaban kulit kepala merupakan hal yang sangat penting agar terhindar dari ketombe, hingga rambut jadi mudah patah, gatal, serta kerontokan parah.

Tidak perlu mahal, merawat kulit kepala kering juga bisa dilakukan dengan menggunakan bahan-bahan alami yang mudah didapatkan. Bahkan di beberapa produk perawatan rambut pun terdapat kandungan serupa.

Sebagaimana menukil Times of India, berikut ini bahan alami yang dapat dijadikan pelembab untuk kulit kepala.



1. Lidah Buaya


Tanaman satu ini menjadi salah satu bahan alami yang bagus untuk membantu mengatasi kekeringan pada kulit kepala. Gel lidah buaya mengandung sifat anti-inflamasi, dapat menenangkan kulit kepala kering.

Iritasi kulit dan kulit kepala gatal juga merupakan penyebab dari kekeringan. Lidah buaya dapat bekerja secara baik untuk mengatasi masalah ini.

2. Minyak


Semua jenis minyak umumnya dapat memberikan keajaiban pada kulit kepala yang kering. Misalnya, minyak kelapa, almond, zaitun, jojoba, argan, dan lainnya.

Anda bisa memilih jenis minyak yang diinginkan dan terbaik. Minyak memiliki kemampuan untuk melembabkan kulit kepala, sementara protein di dalamnya bisa membantu mengunci kelembapannya.

3. Yogurt


Yogurt adalah salah satu pelembab alami terbaik, khususnya untuk kulit kepala kering. Di dalamnya kaya akan asam laktat yang membantu menjaga kulit kepala tetap bergizi. Serta jadi sarat akan seng untuk memfasilitasi pertumbuhan kembali sel.

Namun sebelum menggunakannya, cobalah oles sedikit yogurt di tangan Anda. Hal ini untuk memastikan, apakah ada sifat alergi di dalamnya atau tidak.

4. Cuka Apel


Kulit kepala kering bisa jadi penyebab dari munculnya ketombe. Maka sangat penting untuk memastikan kulit kepala Anda tidak terpapar bakteri, atau jamur apapun. Untuk menghilangkan masalah tersebut dan untuk menyeimbangkan tingkat pH, oleskan cuka sari akan berfungsi sebagai pelembab dan anti bakteri.



Hal ini adalah produk anti-inflamasi yang membantu mengatasi rasa gatal. Cuka sari apel bersifat sangat asam sehingga, Anda harus memastikan untuk mengencerkannya dengan perbandingan 1 banding 4, yaitu dengan mencampurkannya dengan air.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2223 seconds (0.1#10.140)