Kelompok Hacker Baru Serang Sistem Perbankan

Kamis, 11 Februari 2016 - 14:03 WIB
Kelompok Hacker Baru Serang Sistem Perbankan
Kelompok Hacker Baru Serang Sistem Perbankan
A A A
JAKARTA - Semakin tinggi penggunaan internet di suatu negara maka semakin tinggi pula penetrasi hacker di wilayah tersebut. Mereka kerap membobol kerahasian data pengguna internet secara individu maupun perusahaan besar.

Kaspersky Lab membeberkan, bahwa ada sekelompok hacker yang mulai menyerang sistem perbankan. Kelompok ini dikenal dengan nama Metel dan GCMAN.

Cara kerja mereka dengan mendapatkan kontrol atas mesin dalam bank yang memiliki akses transaksi uang. Kelompok ini dapat mengotomatisasi rollback dari transaksi ATM.

"Saat ini, fase aktif serangan cyber semakin singkat. Ketika mereka melakukan operasi tertentu, mereka hanya butuh hitungan hari dan kemudian melarikan diri," ujar Territory Channel Manager Kapersky SEA - Indonesia, Dony Koesmandarin di Jakarta, Kamis (11/2/2016).

Dirinya menambahkan, dua kelompok hacker Metel dan GCMAN melakukan tindak kriminal khusus untuk membobol Bank. Jadi mereka tanam dulu agen mereka, selanjutnya menyimpan malware ke dalam PC pada di Bank yang menjadi target.

Berdasarkan identifikasi yang dilakukan Kapersky Lab, dua kelompok tersebut berasal dari Rusia dan terus melakukan serangan ke beberapa negara lain seperti Hongkong, Taiwan, dan Amerika.
(dyt)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1898 seconds (0.1#10.140)