Presiden Jokowi Akan Resmikan Pabrik Mobil Esemka April 2016

Sabtu, 05 Maret 2016 - 07:40 WIB
Presiden Jokowi Akan Resmikan Pabrik Mobil Esemka April 2016
Presiden Jokowi Akan Resmikan Pabrik Mobil Esemka April 2016
A A A
BOYOLALI - Pembangunan pabrik mobil Esemka di Desa Demangan, Kecamatan Sambi, Boyolali, Jawa Tengah memasuki tahap pertama. Selain dua bangunan yang kini tengah dikerjakan, dari informasi yang didapatkan Sindonews masih ada sekitar delapan bangunan lainnya yang nantinya akan didirikan.

Khabar yang beredar di kalangan warga, pabrik Esemka rencananya akan diresmikan Presiden Jokowi pada April mendatang. Peresmian sengaja dilakukan setelah proyek setengah jadi.

“Kalau dilakukan peletakan baru pertama, khawatirnya mangkrak,” timpal Wahid,32, warga dilokasi pembangunan pabrik. Sebelum pelaksanaan proyek, lokasi itu juga telah ditinjau sejumlah pejabat dari Pemkab Boyolali.

Bahkan seseorang yang ditengarai sebagai "orang besar" juga telah datang meninjau ke lokasi bersamaan ketika Presiden Jokowi punya hajatan mantu beberapa waktu lalu.

“Saya tidak tahu siapa, tapi datangnya pakai mobil Mercedes,” ujar Sumadi,48, salah satu warga setempat yang diminta untuk membantu mengawasi pelaksanaan proyek.

Warga setempat berharap pendirian pabrik yang khabarnya menggandeng perusahaan otomotif Proton Malaysia ini juga berdampak positif terhadap Desa Demangan. Pabrik diharapkan sedikit banyak dapat memyerap tenaga kerja dari warga sekitar.

Selain itu juga berdampak terhadap perkembangan perekonomian warga. Pabrik juga diharapkan secara rutin memberikan bantuan sosial kepada RT di sekitarnya.

Lokasi pabrik di Jalan Sambi-Mangu berjarak sekitar delapan kilometer dari Bandara Adi Soemarmo Solo. Selain itu, juga dekat dengan gerbang jalan tol Semarang-Solo maupun Solo-Ngawi.

Dari pantauan di lokasi, terdapat puluhan pekerja yang tengah menggarap proyek. Namun mereka enggan memberikan keterangan. Namun demikian, mereka mengakui jika proyek dalam tahap pertama harus selesai dalam waktu enam bulan. Sementara, penanggungjawab proyek Budiyanto sedang tidak berada di lokasi.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7980 seconds (0.1#10.140)