Mesin Skyactive Mazda Tak Hanya Irit, Performa Juga Tangguh

Rabu, 23 Maret 2016 - 23:31 WIB
Mesin Skyactive Mazda Tak Hanya Irit, Performa Juga Tangguh
Mesin Skyactive Mazda Tak Hanya Irit, Performa Juga Tangguh
A A A
JAKARTA - Semua mobil besutan Mazda kini telah dibekali teknologi Skyactiv, namun banyak yang belum tahu apa sebenarnya kelebihan teknologi ini. Teknologi dari Mazda ini mengedepankan sisi penghematan konsumsi bahan bakar namun tetap memberikan performa yang prima untuk menjaga kepuasan konsumen.

Bicara soal teknologi SkyActiv sendiri dibagi menjadi empat bagian yakni SkyActiv pada engine (G untuk Gasoline dan D untuk Diesel), SkyActiv Drive, SkyActiv Chasis dan SkyActiv Body. Teknologi SkyActiv engine (SkyActiv-G dan SkyActiv-D) menawarkan rasio kompresi yang sangat tinggi yakni 13:1. Bahkan dinegara asalnya Jepang, telah dirilis dengan rasio 14:1.

Teknologi SkyActiv-G mendapat dukungan teknologi direct injection dimana bahan bakar langsung disemprotkan kedalam ruang bakar. Hasilnya dengan rasio kompresi yang sangat tinggi ditambah teknologi direct injection dan sistem gas buang 4-2-1 akan meningkatkan efisiensi konsumsi bahan bakar.

Namun rasio tinggi juga diperlukan bahan bakar yang memiliki nilai oktan yang tinggi. Agar maksimal, wajib digunakan bahan bakar harus memiliki kadar oktan 95 misalnya Pertamax Plus atau lainnya.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.7605 seconds (0.1#10.140)