Facebook Hadirkan Fitur untuk Membantu Tunanetra

Kamis, 07 April 2016 - 14:30 WIB
Facebook Hadirkan Fitur untuk Membantu Tunanetra
Facebook Hadirkan Fitur untuk Membantu Tunanetra
A A A
JAKARTA - Kehadiran konten visual merupakan salah satu cara yang ekspresif bagi para pengguna saat berkomunikasi secara online. Namun bagi orang-orang yang memiliki keterbatasan fisik, khususnya tunanetra. Keberadaan konten visual tentu menjadi sebuah masalh tersendiri.

Bahkan lebih buruknya lagi, orang-orang berkebutuhan khusus ini akan terasingi dari percakapan seputar foto-foto di Facebook. Dalam hal ini, Facebook ingin membantu para komunitas tunanetra untuk turut mendapatkan pengalaman yang dirasakan oleh pengguna lainnya.

Hari ini Facebook memperkenalkan sebuah fitur baru yang bernama teks alternatif otomatis (automatic alternative text). Dimana fitur ini dapat mendeskripsikan sebuah foto dengan menggunakan teknologi terkini dalam pengenalan obyek. Pengguna yang menggunakan layar pembaca (screen readers) di perangkat iOS akan bisa mendengar audio yang dapat menyebutkan daftar benda-benda yang terdapat dalam sebuah foto, sperti tertulis dalam keterangan resmi Facebook Indonesia, Kamis (7/4/2016).

Sebelumnya, orang yang menggunakan layar pembaca hanya akan mendengar nama dari orang yang menshare foto tersebut, diikuti dengan kata-kata foto jika
postingan muncul dalam bentuk imej di News Feed. Berkat fitur baru ini, Facebook dapat menawarakan deskripsi yang lebih lengkap dari sebuah foto.

Untuk saat ini Facebook sedang mencoba automatic alternative text pada perangkat iOS dengan screen readers yang telah dibuat dalam bahasa Inggris terlebih dahulu. Namun rencananya, fitur ini akan tersedia dalam berebagai bahasa dan platform lainnya.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.6546 seconds (0.1#10.140)