Periksa Komponen Mobil Setelah Liburan Luar Kota

Jum'at, 06 Mei 2016 - 22:41 WIB
Periksa Komponen Mobil Setelah Liburan Luar Kota
Periksa Komponen Mobil Setelah Liburan Luar Kota
A A A
USAI melakukan liburan dengan menggunakan mobil, biasanya malas untuk melakukan pengecekan kondisi mobil. Apalagi mobil telah digunakan perjalanan jauh. Hal ini akan membuat kondisi mobil menjadi jauh menurun.

Perlu perawatan khusus untuk mobil yang telah melakukan perjalanan jauh. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan atau di cek kembali atau bila perlu diganti agar mobil bisa kembali dikendarai dengan nyaman dan aman. Karena mobil sama dengan tubuh manusia, bila setelah bekerja keras perlu istirahat dan pemulihan stamina.

Dalam melakukan perjalanan jauh pastinya mesin bekerja ekstra keras. Begitu pun bagian kaki-kaki, rem, kopling, dan beberapa komponen lainnya. Berikut beberapa bagian yang harus diperiksa, diperbaiki, atau diganti:

Komponen Pengereman
Susah bisa dipastikan, saat melakukan perjalanan jauh biasanya pengemudi sering melakukan pengereman dengan menginjak pedal rem dalam-dalam atau biasa disebut heavy braking. Perangkat pertama yang perlu di lihat adalah di sistem pengereman.

Lakukan uji terhadap semua peranti rem mulai dari rem depan, belakang hingga rem parkir. Bila terasa kurang pakem, maka sebaiknya mengganti kanvas atau minyak rem. Karean perangkat pengereman sangat vital untuk menunjang keselamatan berkendara.

Pelat Kopling
Seperti diketahui fungsi kopling untuk mengendalikan laju mobil, baik maju, mundur atau menambah dan mengurangi tingkat percepatannya. Pelat kopling biasanya aus seiring dengan bertambahnya usia pemakaian. Bisa juga karena faktor pemakaian yang terus menerus tanpa henti dan cara penggunaan yang tidak sesuai kaidah.

Untuk memastikan kopling masih bagus atau tidak adalah dengan menghidupkan mesin. Kemudian masukan transmisi ke posisi gigi dua atau tiga dan lepas pedal kopling secara perlahan, pada saat bersamaan injak pedal gas dan rem. Bila mesin langsung mati, berarti kopling masih bagus. Sebaliknya bila mesin masih hidup berarti terjadi slip di kanvas kopling.

Lakukan perbaikan atau menggantinya demi keamanan dan keselamatan saat berkendara. Bila mobil anda bertransimisi otomatis, maka pastikan oli transmisi juga berkondisi baik.

Oli dan Filter
Pastikan jumlah oli tidak kurang dari batas bawah yang tertera di tongkat tersebut. Teteskan sedikit oli di jari tangan Anda dan gesek-gesekan di kedua jari. Bila cairan oli terasa pekat atau bahkan terasa ada butiran, Anda harus menggantinya. Karena oli mempunyai fungsi penting, memperlancar gerakan komponen mesin.

Bila oli berkurang atau kotor akan menyebabkan komponen di dalam mesin macet tak terbergerak atau bisa patah karena pelumasan tidak sempurna. Sedangkan fungsi filter adalah menyaring partikel-partikel lain yang dapat mengganggu fungsi oli dalam melumasi komponen mesin.

Busi dan Saringan Udara
Jangan sepelekan sparepart ini karena fungsinya sangat menentukan. Busi untuk memantikan api listrik dalam proses pembakaran di ruang bakar mesin. Biasanya, busi mengalami penurunan kemampuan seiring dengan usia pemakaian. Tetapi bisa juga terjadi karena perjalanan jauh dan mobil melaju secara terus menerus, terlebih bila jalanan macet maka mesin juga bekerja ekstra keras. Begitu pula dengan saringan udara. Memang, bisa dibersihkan, namun bila anda tidak yakin, lebih baik menggantinya.

Cairan Radiator
Selama menempuh perjalanan jauh tentu mesin membutuhkan proses pendinginan yang ekstra. Kondisi ini biasanya cairan coolant yang ada di radiator berkurang. Periksa kondisi radiator, dengan membuka tutup segera tambahkan.

Bila tidak ada cairan coolant, bisa juga dari air minum dalam kemasan. Namun sangat disarankan untuk mengganti cairan ini karena selama menempuh perjalanan jauh, cairan mendidih dan berekasi dengan sel-sel di dalam radiator.

Pada saat mencapai titik didih tertinggi, bisa saja unsur-unsur yang ada di air atau cairan coolant bereaksi secara kimiawi dan membentuk partikel baru. Partikel itulah yang dikhatirkan merusak sel-sel radiator. Bila itu terjadi maka radiator juga tidak akan berfungsi secara optimal, kerugian yang harus anda tanggung pun semakin besar.

Bagian Kaki-kaki
Selama menempuh perjalanan jauh bagian ini menyangga beban yang cukup berat sehingga kondisinya sangat rawan menurun. Apalagi terlalu sering melewati jalanan yang tidak bagus, banyak lubang, tanjakan, dan basah.

Komponen yang wajib anda periksa atau diperbaiki, atau diganti adalah tierod, ball joint, bushing arm, bearing, dan laker. Tanda bantalan roda sudah aus, saat mobil melaju menimbulkan suara mendengung yang makin lama makin keras. Bila anda mendapati suara seperti itu, maka segera ganti dengan yang baru. Karena ini berhubungan dengan kestabilan saat berkendara.

Kondisi Ban
Kondisi ban pastikan baut roda masih kencang dan tidak membahayakan. Begitu pun dengan tekanan angin. Anda tidak perlu menggantinya bila kondisi masih bagus. Namun, satu hal yang wajib anda lakukan adalah melakukan spooring dan balancing roda untuk menjaga kondisi ban agar tetap awet tetapi juga untuk menjaga kestabilan mobil saat dikendarai.

Bersihkan Bodi dan Kabin
Bersihkan bagian eksterior atau bodi serta kolong mobil, maupun bagian interior. Untuk memastikan bagian kolong juga bersih sebaiknya membawa ke tukang cuci mobil. Kotoran yang menempel di bodi maupun kolong tidak hanya mengganggu tampilan tetapi juga berpotensi menjadi karat.

Bila membersihkan bagian interior jangan lupa membersihkan kisi-kisi peranti pendingin ruangan (AC), panel pintu dan lainnya. Tips ini bisa Anda lakukan agar mobil Anda tetap nyaman dan aman dikendarai untuk aktivitas selanjutnya. (Berbagai Sumber)
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2990 seconds (0.1#10.140)