alexa snippet

Nissan Siap Pulihkan Reputasi Mitsubishi

Nissan Siap Pulihkan Reputasi Mitsubishi
Nissan Motor Co akan membantu Mitsubishi Motors Corp kembali memulihkan reputasi perusahaan akibat skandal bahan bakar. Foto: Istimewa
A+ A-
YOKOHAMA - Nissan Motor Co menyatakan perusahaan akan membantu Mitsubishi Motors Corp kembali memulihkan kepercayaan publik yang rusak akibat skandal bahan bakar. Namun, mereka menyadari upaya tersebut tidak mudah.

"Tantangan terbesar adalah mendukung Mitsubishi mengubah dirinya sendiri dan berkembang menjadi menguntungkan, serta memulihkan reputasinya," ujar Cheif Executif Officer (CEO) Nissan Motor Co, Carlos Ghosn di markas Nissan, Yokohama, seperti dikutip dari Japan Times, Jumat (13/5/2016).

Dia menegaskan, "Kami sangat antusias dengan kesempatan ini untuk mendukung Mitsubishi berubah dan mengubah dirinya sendiri." (Baca: Nissan Caplok Mitsubishi Rp29 Triliun)

Seperti diketahui, Nissan, produsen mobil terbesar kedua di Jepang, sepakat untuk mengakuisisi Mitsubishi senilai 237 miliar yen (USD2,2 miliar) atau sekitar Rp29 triliun, dengan mengambil saham pengendali sebesar 34%.

Berdasarkan perjanjian dasar akuisisi saham Mitsubishi, Nissan akan membayar lebih dari 468 yen per saham, jauh di bawah harga saham 864 yen di Bursa Efek Tokyo, sebelum skandal itu pecah bulan lalu.

"Ketika Mr Masuko (bos Mitusbishi) meminta saya untuk membantu, saya melakukannya," kata Ghosn.

Dia menyebutkan, meski menguasai saham mayoritas, kemerdekaan Mitsubishi Motors tetap dihormati. Di mana intervensi Nissan dalam pengelolaan perusahaan akan terbatas.

"Berbicara tentang kompensasi untuk mobil yang sudah terjual (terkait kasus menipulasi bahan bakar), ini tidak sampai kepada kami yang memutuskan. Pemerintah Jepang akan memutuskan jenis hukuman apa yang harus dibayar," tandas Ghosn.



(dmd)
views: 3.309
loading gif
Top