Mengenal Tiga Macam Tehnologi Injeksi EFI

Sabtu, 25 Juni 2016 - 21:41 WIB
Mengenal Tiga  Macam Tehnologi Injeksi EFI
Mengenal Tiga Macam Tehnologi Injeksi EFI
A A A
JAKARTA - Dapat dipastikan untuk semua kendaraan baru khususnya sepeda motor sudah mengunakan sistem suplai bahan bakar injeksi. Sebenarnya tehnologi ini bukan teknologi baru., namun kebanyakan masyarat tehnologi EFI ini dibilang baru salah satu tehnologi untuk menghemat bahan bakar.

Jika dibandingkan antara kendaraan yang sudah menggunakan sistem suplai injeksi dengan kendaraan yang masih menggunakan karbulator sebagai jantung mesin kendaraan memang sangat berbeda sekali, tentunya sistem injeksilah yang terbilang lebih irit bahan bakar. Selain itu juga masalah perawatan yang lebih mudah dan sudah berstandar EURO 3 yang kebanyakan pabrikan otomotif merekomendasikannya.

Seperti dilansir MCN, Cara kerja sistem EFI bahan bakar dari tangki di pompa oleh pompa bahan bakar, kemudian melalui saringan bahan bakar. Bahan bakar bertekanan ini selanjutnya disalurkan ke pipa pembagi (accumulator) untuk didistribusikan ke masing-masing injector.

Perhitungan jumlah bahan bakar ini sangat akurat dan diupayakan untuk selalu konstan, pada accumulaotr dipasang regulator bahan bakar yang berkerja berdasarkan perubahan kevakuman pada intake manifold. Ketika putaran idle, ada kelebihan bahan bakar maka regulator akan menyalurkan bahan bakar kembali ke tangki melalui saluran overflow.

Sebaliknya jika puratan tinggi, kebutuhan bahan bakar meningkat sehingga tekanan pada accumulator menurun, maka regulator akan menutup saluran overflow sehingga bahan bakar yang diinjeksikan sesuai dengan perhitungan ECU. Aliran bahan bakarnya bisa dilihat pada gambar berikut

Model-model injeksi pada mesin EFI ada tiga bagian, yaitu model simultan atau serampak, model group atau kelompok, dan model sequential atau berurutan.

Injeksi Model Silmultan (Serempak)

Pada injeksi model simultan, bahan bakar diinjeksikan pada waktu yang bersamaan untuk semua silinder. Model injeksi simultan ini adalah model penyemprotan lama dan model yang baru diaplikasikan ketika mobil start dan kondisi temperatur air pendingin masih sangat rendah.

Injeksi Model Group (Kelompok)

Pada injeksi model group ini juga merupakan model lama yang diaplikasikan pada mobil EFI. Penginjeksian dilakukan secara bersama namun dengan kelompok yang sendiri-sendiri dan hanya menginjeksi sekali dalam dua putaran. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar berikut:

Injeksi Model Sequential (Berurutan)

Model penginjeksian sequential atau berurutan adalah model yang banyak dipakai pada mesin-mesin mobil EFI. Pada setiap silinder mendapatkan suplay bahan bakar dengan urutan yang sama seperti pada firing order (FO)
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4377 seconds (0.1#10.140)