Mahasiswa Indonesia Juarai Mobil Paling Cepat dan Hemat

Senin, 11 Juli 2016 - 12:15 WIB
Mahasiswa Indonesia Juarai Mobil Paling Cepat dan Hemat
Mahasiswa Indonesia Juarai Mobil Paling Cepat dan Hemat
A A A
JAKARTA - Mahasiswa Indonesia, yang tergabung dalam Tim Bumi Siliwangi Team 4 dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung menjuarai lomba mobil cepat dan hemat dalam ajang Shell Eco-Marathon Drivers World Championship (SEM DWC). Tim ini mengalahkan mahasiswa asal Prancis dan Amerika Serikat (AS) di final SEM DWC, yang berlangsung di Queen EliZabeth Olympic Park London, Inggris.

Di babak puncak, Tim Bumi Siliwangi Team 4 yang memboyong mobil UrbanConcept berenergi baterai elektrik “Turangga Cheta EV3” berhasil mengalahkan Tim ISEN Toulon, Prancis, yang juga membawa mobil berenergi baterai elektrik, sehingga harus puas di posisi kedua. Posisi ketiga ditempati Tim Mater Dai Supermileage High School dari Amerika Serikat yang menghadirkan mobil UrbanConcept berbahan bakar bensin.

“Kami sangat senang dapat mengambil bagian dalam ajang ini sekaligus meraih gelar juara pertama di ajang bergengsi Shell Eco-marathon Drivers World Championship,” ujar Amin Sobirin, manager Tim Bumi Siliwangi Team 4, UPI, dalam keterangan tertulis yang dikutip Sindonews, Senin (11/7/2016).

Pada ajang ini, Tim Bumi Siliwangi Team 4 memberangkatkan delapan orang anggota tim yang terdiri dari dosen pembimbing, manager tim, anggota tim dan pengendara mobil. Mereka berada di Inggris sejak 29 Juni 2016 untuk mengikuti uji seleksi pra Shell Eco-marathon Drivers World Championship.

”Kami sangat bangga dan berbesar hati atas prestasi dan kemenangan yang diraih Tim Bumi Siliwangi Team 4 dari UPI pada ajang bergengsi Shell Eco-Marathon Drivers World Championship yang baru pertama kali diselenggarakan oleh Shell ini. Kemenangan tersebut menjadi bukti bahwa Indonesia memiliki sumber daya manusia yang cerdas dan kreatif dalam menciptakan mobil yang hemat energi sekaligus memiliki potensi untuk dikembangkan sebagai mobil masa depan," ujar President Direktur, Country Chairman, Shell Indonesia, Darwin Silalahi.

"Kami akan terus menjaga komitmen kami dalam ikut mengembangkan sumber daya manusia Indonesia sekaligus ikut secara aktif membantu pemerintah Indonesia dalam menyiapkan kebutuhan energi di masa depan melalui berbagai inovasi kami,” imbuhnya.

Shell, perusahaan energy terkemuka dunia untuk pertama kalinya menggelar ajang kompetisi baru bertajuk “Shell Eco-marathon (SEM) Drivers’ World Championship (DWC)” khusus untuk kategori mobil UrbanConcept yang digerakkan oleh mesin pembakaran dalam (Internal Combustion Engine) pada 3 Juli 2016 di Queen Elizabeth Olympic Park, London.

Kompetisi baru ini untuk pertama kalinya diselenggarakan sebagai bagian dari ajang tahunan Shell Eco-marathon Eropa (SEME) yang berlangsung sejak 30 Juni-3 Juli 2016

Untuk pertama kalinya dalam sejarah penyelenggaraan Shell Eco-marathon, tim-tim mahasiswa dari seluruh dunia berkumpul dan bertarung dalam ajang balap mobil UrbanConcept untuk menemukan mobil paling cepat dan paling hemat di dunia. Tiga tim mahasiswa Indonesia yaitu Tim Sadewa dari Universitas Indonesia (UI), Tim ITS Team 2 dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dan Tim Bumi Siliwangi Team 4 dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) menjadi tim yang diundang untuk bisa mengikuti ajang balap mobil SEM DWC ini.

Kompetisi Shell Eco-marathon Drivers World Championship merupakan bentuk komitmen Shell dalam membantu dunia memenuhi kebutuhan energi yang terus meningkat dari tahun ke tahun melalui kerja sama dengan para pelajar, mitra dan pemangku kepentingan lainnya.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.7062 seconds (0.1#10.140)