Mobil Esemka Harus Lolos Uji Kelayakan Kemenhub

Rabu, 13 Juli 2016 - 14:53 WIB
Mobil Esemka Harus Lolos Uji Kelayakan Kemenhub
Mobil Esemka Harus Lolos Uji Kelayakan Kemenhub
A A A
JAKARTA - Kementerian Perindustrian menegaskan, mobil Esemka yang diproduksi oleh PT Adiperkasa Citra Esemka Hero (ACEH) ‎harus lolos uji kelayakan dari Kementerian Perhubungan terlebih dahulu, sebelum resmi diluncurkan. Rencananya, kendaraan yang digadang-gadang akan menjadi mobil nasional ini akan mulai diperkenalkan pada Agustus 2016.

PT ACEH sendiri merupakan gabungan dari ‎PT Adiperkasa Citra Lestari (ACL) dan PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK). "Dari kami semua yang diperlukan sudah kami penuhi, tapi mungkin mereka perlu‎ membawa prototipe kendaraannya untuk diuji di Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Untuk diuji kelayakan jalannya. Nah itu di Kemenhub yang tahu," kata Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan ‎Elektronika (ILMATE) Kementerian Perindustrian I Gusti Putu Suryawirawan di Kantor Kemenperin, Jakarta, Rabu (13/7/2016).

Dia menuturkan, saat ini PT ACEH tengah mempersiapkan fasilitas produksi. Dalam waktu dekat, produsen mobil Esemka tersebut juga akan meresmikan pabriknya tersebut.‎

"Kalau tidak salah sedang siapkan fasilitas produksi. Dengar-dengar dalam waktu dekat mereka akan meresmikan pabriknya namun belum ada kabar lagi.‎ Umumnya investasi mereka sendiri. Saya tidak tahu dibelakangnya ada siapa tetap yang jelas itu PMDN," imbuh dia.

Putu menambahkan, saat ini yang terpenting adalah mobil tersebut dapat memenuhi uji kelayakan dan dapat diproduksi secara massal di dalam negeri. Sementara mengenai tingkat kandungan lokalnya, pihaknya mengaku belum melakukan audit terhadap hal tersebut.

"Kami belum sampai ke sertifikasi atau audit kandungan lokal, karena yang penting dia layak jalan dulu. Nanti baru dilihat kandungan lokalnya. Tetapi berdasarkan kebijakan yang selama ini misalnya LCGC itu kan butuh kandungan lokal yang tinggi," pungkasnya.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7613 seconds (0.1#10.140)