Ford Buka Pabrik Baru di Jerman, Bisa Produksi 18 Juta Mobil Listrik

Selasa, 13 Juni 2023 - 11:11 WIB
loading...
Ford Buka Pabrik Baru di Jerman, Bisa Produksi 18 Juta Mobil Listrik
Ilustrasi Ford. Foto: Istimewa
A A A
JAKARTA - Ford membuka pabrik mobil baru Cologne Electric Vehicle Center yang akan menjadi generasi EV berikutnya untuk pelanggan Eropa, di tepi Sungai Rhine, Cologne, Jerman.

Mereka mengucurkan investasi USD2 miliar untuk mengubah pabrik bersejarah yang didirikan pada tahun 1930.

Menurut laporan The New York Times, dikutip dari The Street, perusahaan Ford telah memesan Edmund Koerner, Essen, seorang arsitek untuk memulai pembangunan dermaga dan kerja dengan total biaya USD1.000.000.


"Fasilitas ini menghasilkan lebih dari 18 juta mobil, termasuk Ford Model A, Taurus, Capri, Granada, dan Fiesta," katanya, dikutip dari The Street, Selasa (13/6/2023).

Pembangunan pabrik baru ini menjadi awal bagi generasi baru Ford. Pada bulan Oktober, The Dearborn, Mich., pembuat mobil mengumumkan pensiunnya sedan Ford Fiesta, sebuah model yang diproduksi sejak 1976.

"Pabrik ini akan menjadi pusat perakitan karbon netral pertama Ford, untuk dibuka secara global dan mendukung komitmen perusahaan untuk mencapai netralitas karbon pada tahun 2035," jelasnya.

Lahan seluas 125 hektare ini dilengkapi dengan jalur produksi baru, perakitan baterai, dan alat dan otomatisasi canggih. Hal ini memungkinkan kapasitas produksi tahunan lebih dari 250.000 EV.


The Explorer, sebuah SUV keluarga lima kursi, akan menjadi kendaraan listrik pertama yang diproduksi di Cologne.

"Membuka Cologne EV Center adalah awal dari generasi baru manufaktur bersih dan kendaraan listrik di Eropa," tambah Bill Ford, Ketua Eksekutif, dalam sebuah pernyataan.

Legacy Carmaker berencana untuk menjual 600.000 mobil listrik sepenuhnya di Eropa, pada tahun 2026, sebelum menjadi 100% listrik pada tahun 2035.

Ford mengatakan, Cologne Center akan menampilkan kemajuan digital yang menghubungkan mesin, kendaraan dan pekerja dalam membuat mesin mandiri, sistem transportasi otonom, dan manajemen data besar secara real time.


"Ford sudah melangkah lebih jauh untuk mendukung, bukan menggantikan keunggulan manusia. Robot kognitif dan kolaboratif baru, dan augmented reality solutions akan mendukung karyawannya," jelasnya.

Institut Penelitian Ekonomi Jerman melaporkan, pada Januari, negara itu telah melewati 1 juta tanda kendaraan listrik. Pemerintah Jerman bertujuan meningkatkan 15 juta mobil listrik di jalan pada tahun 2030.
(san)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1579 seconds (0.1#10.140)