Perlu Ekosistem Baik untuk Kembangkan Startup di Indonesia

Sabtu, 23 Juli 2016 - 08:49 WIB
Perlu Ekosistem Baik untuk Kembangkan Startup di Indonesia
Perlu Ekosistem Baik untuk Kembangkan Startup di Indonesia
A A A
JAKARTA - Menjamurnya startup di Indonesia tentu saja bisa menjadi keuntungan tersendiri jika dapat dikelola dengan baik. Pasalnya bila berkaca dari beberapa negara maju, keberadaan startup justru menjadi salah satu penyokong ekonomi kreatif dan pencetak para entrepreneur muda.

Maka sebenarnya langkah apa yang diperlukan agar startup yang ada dapat terkelola dengan baik mengahdirkan keuntungan bagi negara. Dalam hal ini Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), Triawan Munaf mengemukakan pendapatnya.

"Saat ini Indonesia memang belum memiliki sebuah ekosistem yang matang, semuanya tumbuh dalam suasana yang autopilot. Kalau saat ini kita melihat passion dan kuliner dapat bertumbuh dengan pesat, hal tersebut bukan karena adanya ekosistem yang baik tapi memang lebih kepada kebutuhan primer," ujar Triawan, di Jakarta, Jumat (22/7/2016).

Dirinya menambahkan, oleh karena itu perlu semacam akselerasi agar terbentuk sebuah ekosistem yang baik terhadap startup. Hal ini tentu saja perlu campur tangan dari Pemerintah dan para pelaku startup itu sendiri.

Selain itu, dirinya membeberkan, di Silicon Valley semua pelaku starup mau melakukan sharing padahal mereka adalah kompetitor. Saya rasa Indonesia juga memiliki spirit tersebut untuk dapat berbagi.

"Jadi ekosistem dan sharing saya rasa perlu dipercepat agar startup di Indonesia dapat lebih berkembang," tegasnya.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1614 seconds (0.1#10.140)