Bebas Was-was Mobil Baret, Ini 3 Jenis Coating Mobil yang Perlu Diketahui

Selasa, 13 Juni 2023 - 22:22 WIB
loading...
Bebas Was-was Mobil Baret, Ini 3 Jenis Coating Mobil yang Perlu Diketahui
Aplikasi lapisan coating memiliki peran sebagai proteksi tambahan pada permukaan cat mobil dari baret halus atau cuaca. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Ceramic coating merupakan upaya perlindungan terhadap cat mobil agar tidak mudah baret dan pudar karena faktor cuaca. Apa saja sih jenisnya?

Mobil baru atau lama merupakan barang yang memang perlu dijaga. Bahkan ada beberapa orang yang benar-benar menjaga kondisi cat mobil agar tetap terlihat memesona.

Hanya saja butuh upaya ekstra keras jika ingin mempertahankan kondisi cat mobil yang senantiasa berkilau. Apalagi kondisi jalanan di Ibu Kota juga bisa dikatakan sangat tidak mendukung.

Lecet di bodi mobil bisa jadi adalah hal yang lumrah. Namun hal itu bisa dihindari dengan memberikan perlindungan pada cat mobil.

Cara yang paling sering dilakukan adalah dengan melapisi cat mobil dengan coating. Aplikasi lapisan coating memiliki peran sebagai proteksi tambahan pada permukaan cat mobil dari baret halus atau cuaca.

Jadi Anda tidak perlu lagi was-was cat mobil baret atau pudar karena faktor cuaca. Hanya saja saat ini banyak sekali pilihan coating yang ditawarkan oleh bengkel detailing mobil.
Lalu apa saja sih perbedaan coating mobil?

1. Nano Coating

Nano ceramic coating adalah cara melapisi bodi mobil dengan cairan khusus yang berukuran nano. Coating mobil sendiri merupakan bagian detailing yang dilakukan dengan mengaplikasikan lapisan khusus di permukaan mobil.

Saat diaplikasikan pada bodi mobil, secara kimiawi dan mekanik akan terbentuk lapisan baru yang terlihat bening. Dengan adanya lapisan baru ini, cat mobil akan terlindungi dari terik matahari, pengaruh cuaca, oksidasi, polusi, serta goresan-goresan halus.

2. Ceramic Coating

Ceramic coating merupakan teknik yang paling umum digunakan bagi para pemilik mobil. Menggunakan cairan dengan kandungan keramik khusus, teknik ini dapat memberikan perlindungan serta proteksi untuk permukaan cat mobil Anda.

Jika dibandingkan dengan dua teknik perawatan mobil sebelumnya, ceramic coating dinilai memiliki tingkat proteksi yang paling baik, tidak berbahaya, dan memiliki daya tahan yang paling lama. Namun, dengan segala kelebihan tersebut tentu saja perawatan ini tidaklah mudah dan memerlukan biaya yang tidak sedikit.


3. Powder Coating

Powder coating adalah teknik pewarnaan komponen khusus yang berbahan dasar metal. Biasanya powder coating dilakukan pada velg mobil. Ada beberapa kelebihan dari powder coating ini sperti water repellent yang dimana setiap ada kotoran yang menempel pada bodi kendaraan akan mudah terhilangkan karena sifatnya yang licin. Anti UV dan Scratch resistance karena ini cenderung lebih tahan gores. Juga memiliki warna yang lebih kuat dan hasil yanglebihtajam.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2009 seconds (0.1#10.140)