alexa snippet

Toyota Sienta Produksi Indonesia Juga Akan di Ekspor

Toyota Sienta Produksi Indonesia Juga Akan di Ekspor
Model ini dibuat di pabrik Karawang Plant 2 milik Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) bersama-sama dengan model Etios Valco, Vios, Limo, dan Yaris. Foto: Manuel.
A+ A-
KARAWANG - Sebagai informasi Indonesia merupakan negara pertama setelah Jepang yang memproduksi Sienta. Model ini dibuat di pabrik Karawang Plant 2 milik Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) bersama-sama dengan model Etios Valco, Vios, Limo, dan Yaris. Pabrik Karawang Plant 2 dilengkapi dengan teknologi manufaktur terkini yang mendukung peningkatan presisi, keamanan, dan efisiensi dalam proses produksi untuk menghasilkan produk berkualitas global.

Sienta yang dipasarkan dibekali dengan mesin tipe R-NR yang juga merupakan produk lokal buatan pabrik TMMIN Karawang 3 yang baru diresmikan kuartal pertama 2016. Ini adalah pabrik mesin Toyota pertama di dunia yang mengimplementasikan proses produksi mesin berada dalam satu atap dengan konsep Through Line.

Rencannya, Sienta juga akan diekspor ke beberapa negara di Asia Tenggara mulai akhir tahun ini. Sebelumnya Toyota juga telah ekspor di pasar global seperti Kijang Innova, Fortuner, Vios, Yaris, Avanza, Rush, Agya, dan LiteAce.

“Kami sangat bangga mendapat kepercayaan untuk menjadi salah satu basis produksi dan ekspor kendaraan maupun mesin di kawasan Asia-Pasifik dalam rantai suplai Toyota global. Toyota di Indonesia dapat menyuguhkan layanan yang lebih baik lagi bagi para pelanggan seiring dengan harapan bahwa Toyota dapat berkontribusi lebih besar kepada perkembangan industri automotif Indonesia,” tegas Presiden Direktur TMMIN, Masahiro Nonami, Senin (25/7/2016).

Hingga Juni 2016, ekspor kendaraan utuh (Completely Build-Up/CBU) merek Toyota dari Indonesia mencapai 83.800 unit. Sementara untuk ekspor mesin utuh, kendaraan terurai (Completely Knock Down/CKD) serta komponen kendaraan TMMIN di periode yang sama mencapai volume 69,700 unit, 20,800 unit dan 43 juta buah secara berturut-turut.

Tahun lalu, total ekspor model-model kendaraan utuh bermerek Toyota sebesar 176.700 unit menyumbang sekitar 85% dari total ekspor kendaraan utuh Indonesia. Rangkaian produksi lokal dan ekspor menunjukan bahwa TMMIN memiliki kapabilitas sehingga dipercaya untuk memproduksi produk berkualitas global untuk memenuhi kebutuhan konsumen baik di Indonesia maupun di mancanegara.



(dol)
views: 3.011
loading gif
Top