Motor-motor Khusus Pelindung Jokowi

Senin, 15 Agustus 2016 - 15:23 WIB
Motor-motor Khusus Pelindung Jokowi
Motor-motor Khusus Pelindung Jokowi
A A A
JAKARTA - Dapat dipastikan jika Presiden Republik Indonesia Joko Widodo melintas di jalan raya maka motor ini dengan boncenger membawa senjata laras panjang berada di garis depan dan belakang rombongan iringan-iringan Jokowi. Setidaknya ada empat jenis motor pelindung Jokowi dari empat tipe motor yang berbeda saat Presiden Jokowi akan melintasi jalan.

Motor ini adalah Yamaha FZ1 Edisi Khusus, sepeda motor wajib Paspampes untuk mengawal Presiden Jokowi. Motor sport yang masuk ke dalam kelas naked bike itu merupakan motor keluaran Yamaha, yang disebut dengan FZ1. Selain Yamaha FZ1 Paspampres mempunyai motor-motor lainya seperti Honda Goldwing, Yamaha FJR 1300, dan Yamaha XJ900.

Yamaha FZ1

Motor-motor Khusus Pelindung Jokowi


Yamaha FZ1 dimasukkan ke dalam jajaran motor pengawalan presiden sejak 2010 lalu, sebagai langkah penyelamatan untuk bisa melibas kepadatan jalanan ibukota. FZ1 ditampilkan sebagai sepeda motor yang mengusung konsep streetfighter, dan merupakan versi polos/naked dari Yamaha YZF-R1 yang sama-sama mengantongi kapasitas mesin yang sama, perbedaannya antara keduanya terletak pada bentuk dan penerapan teknologi DOHC.

Seperti dilansir Roadsmile, Yamaha FZ1 merupakan motor jalan raya yang diproduksi sejak 2001 silam. Generasi 1 dari FZ1 disebut juga dengan FZS1000 Frazer di pasaran Eropa. Rangkanya berbahan besi dengan model tubular, dan mesinnya hasil modifikasi dari Yamaha YZF-R1 yang masih menggunakan karburator. Sementara untuk model keluaran 2005, sudah disematkan catalytic converter.

FZ1 mencangkok mesin berkapasitas 998 cc, empat silinder segaris, liquid-cooled, 20 katup, DOHC. Untuk pengapiannya menggunakan Digital TCI (Transistor Controlled Ignition) dengan ECU 32-bit.

Menggunaan transmisi manual 6-percepatan, FZ1 mampu menghasilkan tenaga sebesar 150 dk, dengan torsi maksimalnya mencapai 106 Nm. Sedangkan konsumsi bahan bakarnya terbilang cukup irit untuk motor bermesin gambot, di mana konsumsinya 6,72 liter untuk jarak tempuh 100 km.

Honda Gold Wing

Motor-motor Khusus Pelindung Jokowi


Honda Gold Wing gaya 'street muscle cruiser'. Di atas kertas, Honda membenamkan mesin boxer enam silinder berkapasitas 1,8 liter. Mesin ini dikatakan mampu memproduksi tenaga sebesar 116 horse power (hp) pada 5.500 rpm dan torsi 167 Nm pada 4.000 rpm.

Masih konsisten menyuguhkan sensasi mewah dan kenyamanan dalam berkendara, Honda Gold Wing 2016 masih dibekali dengan mesin horisontal 1832cc,

Sektor windscreen kali ini bisa Anda sesuaikan sudut kemiringannya dengan pilihan hingga 6 sudut yang berbeda. Perangkat digital performa motor tersedia electronic cruise control dengan basis 16 ECU sehingga akan memudahkan Anda untuk menemukan performa motor sesuai dengan kondisi jalanan yang dihadapi.

Yamaha FJR 1300

Motor-motor Khusus Pelindung Jokowi




Yamaha FJR1300 merupakan motor yang pas untuk operasional dinas Polri dan TNI. Mengapa demikian, karena sebagai kendaraan pengawal pasti memerlukan spesifikasi mesin yang optimal, demi lancarnya proses pengawalan atau kegiatan dinas lainnya.

Untuk berbagai kondisi jalan, Yamaha juga memberikan pilihan mode yang tersedia di stang. Pengendara cukup menekan tombol ‘One-Up’, ‘One-Up with Luggage’, ‘Two-Up’ or ‘Two-Up with Luggage’. Pilihan ini kemudian dikonfirmasi oleh indikasi yang bisa dibaca pada panel instrumen.

Sistem ini juga menawarkan pilihan berkendara ‘Soft’, ‘Standard’ atau ‘Hard’. Yamaha tidak hanya memperbarui tampilan motor, tapi juga dalam hal kinerja mesin. FJR1300AE dibekali mesin 4-silinder 1,3 liter FI berpendingin air. Menghasilkan tenaga 146 hp dan torsi 138 Nm. Kinerja mesin masih ditambah traction control dan cruise control.

Sebagai kendaraan operasional khususnya digunakan untuk kendaraan pengawalan dan patroli, tidak salah jika Indonesia menggunakan Yamaha FJR1300 2013. Indonesia menjadi negara kedua yang secara resmi memasukkan moge ini sebagai kendaraan dinasnya, setelah negara Jepang.

Yamaha XJ900
Motor-motor Khusus Pelindung Jokowi


Walaupun besar, motor ini cukup enteng diajak manuver, juga stabil dan sangat nyaman dikendarai. Beberapa Polwan pun sudah lincah mengendalikan motor ini.

XJ900P adalah keluarga dari XJ Diversion. Nama 900 menunjukkan kapasitas mesin yang sekitar 900cc. Dan huruf P di belakang namanya mengacu pada kependekan dari “Police” atau “Polisi”.

Motor ini khusus dirancang untuk polisi, maka selain dari fasilitas pengawalan yang sudah disebutkan di atas, ada juga kotak pipih kecil di ujung buritan. Kotak itu adalah tempat khusus untuk surat tilang.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.4200 seconds (0.1#10.140)