Fakta-Fakta Terkait Topan Biparjoy yang Sempat Melanda Wilayah India

Selasa, 20 Juni 2023 - 15:41 WIB
loading...
Fakta-Fakta Terkait Topan Biparjoy yang Sempat Melanda Wilayah India
Topan Biparjoy menerjang India beberapa waktu lalu. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Topan Biparjoy menerjang India beberapa waktu lalu. Topan dahsyat tersebut mendarat di Gujarat setelah sebelumnya melalui perjalanan melintasi Laut Arab selama beberapa hari.

Topan Biparjoy mulai mendekat ke wilayah India pada Kamis (15/6/2023). Bencana alam ini juga telah membuat ratusan ribu warga India dan Pakistan untuk mengungsi sementara waktu.


Fakta Topan Bioarjoy

1. Apa Itu Topan Biparjoy?

Topan Biporjoy merupakan siklon tropis kuat yang terbentuk di Laut Arab. Mengutip Reuters, namanya sendiri didasarkan pada bahasa Bengali.

Kata ‘Biporjoy’ dalam bahasa Bengali memiliki arti “bencana” atau “malapetaka”. Kemungkinan, nama tersebut didasarkan atas daya rusak yang dapat diakibatkan oleh Biparjoy sendiri.


2. Menerjang India

Topan Biparjoy mendarat di Gujarat pekan lalu.Dengan daya rusaknya yang cukup besar, mereka meninggalkan jejak kehancuran dengan kecepatan anginnya yang disebut bisa mencapai 140 km/jam.

Sebelum mendarat di Gujarat, Biparjoy telah muncul pada 4 Juni dan setelahnya mulai bergerak ke bagian utara Laut Arab. Berselang beberapa hari, barulah topan ini menghantam daratan wilayah India dan menimbulkan kerusakan.

Untungnya, pemerintah setempat melakukan langkah pencegahan yang baik. Sebelum kedatangan dari Biparjoy, pihak berwenang India dan tetangganya Pakistan telah mengevakuasi lebih dari 150.000 penduduk dari zona rentan.

3. Dampak Topan Biparjoy

Topan Biparjoy memiliki daya rusak yang cukup besar. Terbukti, setelah menerjang India beberapa waktu lalu, sejumlah dampak mulai bermunculan.

Tak hanya atap rumah-rumah warga yang terbawa, sejumlah pohon juga bertumbangan di wilayah terdampak. Selain itu, beberapa tiang listrik juga roboh dan mengakibatkan padamnya aliran listrik di sekitarnya.

Televisi lokal juga turut menunjukkan visual atau gambar dari pohon-pohon yang tumbang, orang-orang berlindung dari angin kencang, serta puing-puing yang tergeletak di jalan setelah Topan Biparjoy melanda.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3617 seconds (0.1#10.140)