Tips Sederhana Bersihkan Keyboard

Senin, 22 Agustus 2016 - 22:03 WIB
Tips Sederhana Bersihkan Keyboard
Tips Sederhana Bersihkan Keyboard
A A A
JAKARTA - Keyboard pada komputer memiliki peran yang sangat vital, tentu akan sangat menyebalkan bila perangkat ini tidak dapat digunakan ketika sedang dibutuhkan. Oleh karena itu, sama seperti perangkat lainnya keyboard juga perlu dirawat.

Berikut beberapa langkah sederhana untuk menjaga keyboard tetap dapat berfungsi dengan baik. Namun sebelum melakukannya pastikan keyboard yang hendak dibersihkan tidak lagi tersambung dengan arus listrik.

1. Debu

Salah satu masalah umum yang 'menyerang' keyboard adalah debu. Untuk membersihkannya, Anda perlu menggunakan sikat kecil untuk dapat membersihkan celah-celah pada keyboard.

Jangan lupa, bahan sikat harus memiliki bahan yang lembut agar tidak merusak keyboard. Akan tetapi, jika Anda menemui kotoran yang agak sulit dibersihkan maka tidak ada salahnya meenggunakan sikat yang agak keras, hanya saja sesuaikan tenaga Anda saat menyikat keyboard.

Selain dengan sikat, Anda juga dapat menggunakan vacum cleaner berukuran kecil agar debu yang terendap didalam dapat terangkat seluruhnya.

2. Mencopot Tombol

Walau banyak orang membersihkan keyboard dengan keadaan normal, sebenarnya membersihkan keyboard juga dapat dengan cara melepas tombol. Tombol keyboard sebenarnya dapat dilepas satu persatu, hanya saja perlu ketelitian saat melakukannya. Sebab tomol pada keyboard rentan patah jika tidak dilepas dengan hati-hati.

Hal ini dapat dilakukan untuk membersihkan kotoran-kotoran membandel pada tombiol keyboard. Biasanya kotoran yang mengeras tersebut terdapat pada bagian pinggir tomboll karena memang jarang tersentuh.

3. Membersihkan Kuman

Karena sering digunakan, wajar bila keyboard menjadi tempat berkumpulnya kuman. Untuk membersihkannya, hindari produk desinfektan yang mengandung elemen etil dan lebih baik menggunakan alkohol mengandung isopropil.

Pasalnya kandungan kimia pada elemen etil dapat mengikis huruf-huruf yang tertera di keyboard. Kemudian gunakan kain halus untuk mngelap seluruh permukaan keyboard dengan merata.

Demikian beberapa langkah sederhana untuk membersihkan keyboard yang dihimpun dari berbagai sumber, semoga bermanfaat.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1681 seconds (0.1#10.140)