Restoran Ini Membuat Makanan dengan Printer 3 Dimensi

Selasa, 23 Agustus 2016 - 14:51 WIB
Restoran Ini Membuat Makanan dengan Printer 3 Dimensi
Restoran Ini Membuat Makanan dengan Printer 3 Dimensi
A A A
LONDON - Anda yang senang dengan kuliner atau juga yang suka membuat makanan ini bisa menjadi pengalaman baru. Di Food Ink, Anda akan terpesona kagum dan penasaran melihat cara membuat makanannya.

Kalau berbicara bahan mungkin makanannya kurang menarik, namun bagaimana cara pembuatan makanan tersebut. Seperti dilansir dari 3Ders, restoran yang berada di London ini menggunakan printer 3D untuk mencetak makanan di atas piring.

Dengan memadukan sentuhan teknologi, makanan yang dibuat terasa unik. Semua itu memenuhi seni, filsafat, dan teknologi masa depan. Sekaligus membuktikan kalau printer 3D tidak hanya bisa membuat peralatan dan furnitur saja, namun juga termasuk hidangan berkelas.

Alat printer 3D ini diberi nama ByFlow, yang memungkinkan koki untuk menggunakan bahan-bahan seperti hummus, chocolate mousse, atau makanan lainnya seperti pasta untuk membuat hidangan estetis yang spektakuler.

Sebenarnya konsep yang digunakan printer 3D ini mirip dengan prinsip chef yang menggunakan pastry bag untuk membuat ice cake. Adonan yang sudah siap kemudian diekstrusi dan ditumpuk secara vertikal ke dalam dicetakan tiga dimensi dari file digital.

Dalam hal ini, bag pastry diperas dan dipandu oleh lengan robot dari pinter 3D dengan tingkat presisi yang sama seperti bila dilakukan oleh manusia. Cara ini masih terbilang masih jarang, untuk mendapatkannya pun juga tidak mudah.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4104 seconds (0.1#10.140)