Manfaatkan Jamur untuk Daur Ulang Baterai

Rabu, 24 Agustus 2016 - 18:37 WIB
Manfaatkan Jamur untuk Daur Ulang Baterai
Manfaatkan Jamur untuk Daur Ulang Baterai
A A A
SAN DIEGO - Sebuah penemuan baru dalam hal daur ulang didunia teknologi yang melibatkan peran serta jamur yang bisa mengekstrak lithium dan kobalt dari baterai usang yang kita buang bisa bermanfaat untuk mengurangi dampak buruk limbah baterai.

Dilansir dari Tech Radar, Rabu (24/8/2016) ada sebuah proses baru yang dikembangkan oleh sekelompok ilmuwan yang dipimpin oleh Dr. Jeffrey A. Cunningham berharap untuk menghentikan baterai lama terjebak di tempat pembuangan akhir atau bahkan dibakar, karena dengan menggunakan jamur dapat mengekstrak logam.

“Jamur secara alami menghasilkan asam organik, dan asam ini bekerja untuk mencuci keluar logam. Melalui interaksi jamur, asam dan bubuk katoda, kita dapat mengekstrak kobalt dan lithium yang masih berharga. Kami bertujuan untuk memulihkan hampir semua bahan asli,” ujar Cunningham.

Cunningham menambahkan, digunakannya jamur karena dinilai sangat murah. Dirinya bersama tim saat ini akan memanfaatkan proses ini untuk mendapatkan lithium dan kobalt dari asam buatan. “

"Mencari tahu ekstraksi awal dengan jamur adalah langkah yang besar ke depannya,” tambahnya.

Lithium sangat banyak diminati karena kebutuhan baterai untuk perangkat yang digunakan saat ini, semakin hari semakin tumbuh pesat. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut harus mencari alternatif dan memecahkan masalah yang timbul akibat limbah, serta menggunakan proses alami yang mengurangi kerusakan lingkungan.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7545 seconds (0.1#10.140)