Penyebab Motor Skutik Injeksi Mati Mendadak

Rabu, 31 Agustus 2016 - 08:03 WIB
Penyebab Motor Skutik  Injeksi Mati Mendadak
Penyebab Motor Skutik Injeksi Mati Mendadak
A A A
BEKASI - Skuter Matik (Skutik) kini kian menjadi primadona ditengah masyarakat Indonesia. Bahkan seiring perkembangannya, penggunaan skutik karburator pun mulai ditinggalkan dan beralih ke injeksi.

Namun, meski teknologi yang digunakan semakin canggih bukan berarti skutik yang beredar saat ini tanpa celah. Salah satu masalah yang kerap kali dirasakan para pengguna skutik injekasi adalah motor yang mati secara tiba-tiba. Lalu hal apa yang biasanya menyebabkan skutik mati secara tiba-tiba.

"Kalau mati mendadak biasanya ada beberapa sebab. Salah satunya bisa karena filter udara motor tersebut sudah kotor, jadi udara yang tersaring sudah tidak bagus," ujar Kepala Mekanik AHASS di wilayah Bekasi, Musrofi, di Bekasi, Selasa (30/8/2016)

Filter udara sendiri berfungsi untuk menyaring udara yang masuk ke ruang bakar. Hal ini berguna agar proses pembakaran lebih maksimal. "Kalau kotor, semprotan ke ruang bakarnya jadi kurang," tambahnya.

Selain itu, dirinya menjelaskan, faktor lainnya yang menyebabkan skutik injeksi mati mendadak adalah tempratur mesin yang terlalu panas.

"Bisa juga karena Overhead. Untuk mengantisipasi ini pastikan settingan klep tidak terlalu rapat. Karena kalau perjalanan jarak jauh jadi cepat panas dan bisa tiba-tiba mati," tuturnya.

Dirinya menyarankan untuk saat menghadapi masalah seperti ini sebaiknya pengguna mendiamkan motor terlebih dahulu sekitar dua menit. Hal ini untuk memberikan kesempatan pada mesin untuk kembali settingan semula baru nyalakan kembali.

Selain itu, Musrofi pun mengakui hal ini memang kerap kali terjadi pada skutik injeksi standart. Namun setelah mengalami pembaruan dengan teknologi Enhanced Smart Power (eSP) konsumen sudah jarang mengeluhkan hal tersebut.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8786 seconds (0.1#10.140)