Libur Sekolah, Saatnya Nikmati Destinasi Wisata Terbaik Jawa Timur

Sabtu, 24 Juni 2023 - 12:42 WIB
loading...
Libur Sekolah, Saatnya Nikmati Destinasi Wisata Terbaik Jawa Timur
Libur telah tiba dan saatnya berwisata ke destinasi menarik dan ramah anak yang bisa menjadi pilihan healing bersama keluarga
A A A
SURABAYA - Libur telah tiba dan saatnya berwisata. Jawa Timur (Jatim) adalah gudangnya destinasi wisata menarik dan ramah anak yang bisa menjadi pilihan healing bersama keluarga atau teman sekolah.

"Kepada anak-anakku yang mulai memasuki masa libur sekolah, di Jatim banyak destinasi yang bisa dikunjungi. Bahkan tidak hanya wisata tapi juga banyak yang sekaligus sarana edukasi yang dapat menambah ilmu pengetahuan," kata Khofifah di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Sabtu (24/6).

Terdapat sejumlah destinasi wisata favorit di Jatim mulai dari yang paling timur ada Kawah Ijen. Kawah ini menawarkan eksotisme blu fire yang merupakan fenomena langka di dunia. Kemudian bergeser sedikit ke barat, iada Gunung Bromo dengan berbagai spot destinasi mulai pasir berbisik, bukit teletubis, kawah dan tentunya melihat sunrise di penanjakan.

Baca juga: Pelajar Perempuan Gagal Selundupkan Rokok Isi Sabu ke Lapas Tulungagung

"Ke barat lagi ada Kabupaten Malang, Kota Malang dan Kota Batu yang memiliki destinasi wisata alam hingga buatan dengan tekonologi digital yang cocok untuk anak, remaja dan keluarga," tutur Khofifah.

Di wilayah Barat Jatim ada sejumlah destinasi seperti Telaga Sarangan yang terletak di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut di lereng Gunung Lawu, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan. Ada pula Gunung Kelud di Kediri, dan berbagai wisata pantai yang indah seperti pantai Gema di Tulungagung dan Prigi serta Mutiara di Trenggalek dengan akses Jalan Lingkar Selatan yang mempesona sepanjang jalan.

Di Telaga Sarangan terdapat layanan jasa sewa perahu dan becak air yang dapat digunakan untuk menjelajahi telaga. Bagi masyarakat yang berada di wilayah pantura Jatim, terdapat Wisata Bahari Lamongan (WBL) dimana lokasi wisatanya menghadap ke laut.

WBL memiliki sejumlah fasilitas dan wahana baru dan terbilang keren yang bisa dinikmati selama libur panjang sekolah diantaranya Istana Bawah Laut, Istana Bajak Laut, Gua Insectarium, Anjungan Wali Songo, Rumah Kaca, Tembak Ikan, Waterbom dan Paus Dangdut.

"Kuliner di sekitar area WBL juga tak kalah lezat dan terkenal seperti seafood, ikan Bakar yang bisa dinikmati seusai berwisata dan mengajak anak anak bermain di WBL," ujar Khofifah.

Tak hanya itu, terdapat area wisata jika masyarakat ingin menikmati lebih dekat kawasan pantai. Khofifah menyebut Pantai Delegan Gresik menawarkan keindahan pantai yang tak kalah indah dengan ombak yang relatif tenang. Pantai ini awalnya terkenal sebagai tempat bermain anak-anak karena pasirnya yang berwarna putih.

Kemudian ada pula Kebun Binatang Surabaya (KBS) yang menawarkan wisata edukasi satwa yang saat ini juga telah dilengkapi dengan Surabaya Night Zoo. "Dan yang tak kalah menarik adalah Gili Iyang di Kabupaten Sumenep yang terkenal sebagai pulau oksigen karena memiliki kadar udara terbaik kedua di dunia," tutup Khofifah
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.2114 seconds (0.1#10.140)