16 Fakta Osamu Dazai, Karakter Paling Rumit di Bungou Stray Dogs

Minggu, 25 Juni 2023 - 06:40 WIB
loading...
16 Fakta Osamu Dazai, Karakter Paling Rumit di Bungou Stray Dogs
Osamu Dazai adalah karakter paling rumit di Bungou Stray Dogs atau seluruh anime. Masa lalunya misterius dan pemikiran gelapnya yang ditutupi dengan kekocakan. (Foto: Bstation)
A A A
Osamu Dazai bukanlah protagonis atau MC di Bungou Stray Dogs. Tapi, dia mencuri sorotan dari protagonisnya, Atsushi Nakajima. Orang yang tidak tahu akan menyangka kalau Dazai-lah karakter utama di serial ini, padahal dia adalah deuteragonisnya.

Peringatan: Artikel ini mengandung kecenderungan bunuh diri dan menyakiti diri sendiri, kalau kalian merasa punya masalah mental, segera hubungi fasilitas kesehatan terdekat, Poli Jiwa dikover BPJS!

Sekilas, Dazai adalah orang yang ceria dan santai. Tapi, masa lalunya lumayan gelap dan identitasnya diselimuti misteri sampai sekarang. Sejumlah busur karakternya belum mampu menjawab mengapa Dazai selalu merasa kesepian meski dia punya banyak teman.

Dazai mengawali semua di Port Mafia, sebuah organisasi mafia, dan kemudian pindah ke Agensi Detektif Bersenjata (ADA). Dazai terlalu rumit untuk dilabeli sebagai pahlawan atau penjahat. Sulit untuk memahami pemikiran Dazai. Dia mungkin adalah karakter paling rumit di Bungou Stray Dogs. Apa saja fakta lain terkait Osamu Dazai di Bungou Stray Dogs? Simak ulasannya berikut!



16. Moralnya Dipertanyakan

16 Fakta Osamu Dazai, Karakter Paling Rumit di Bungou Stray Dogs

Foto: Tumblr

Dazai telah digambarkan sebagai pahlawan dan penjahat. Tapi, tidak satu pun julukan itu akurat. Dazai tidak peduli dengan keadilan karena mengalahkan kejahatan, apalagi menginginkan moralitas orang lain. Di Port Mafia, Dazai pernah tanpa ampun menembaki orang yang sekarat sementara menyunggingkan senyum. Chuuya Nakahara bahkan harus menghentikannya. Secara moral, bahkan Chuuya pun masih lebih baik dari Dazai.

Tapi, Dazai kemudian bergabung dengan ADA. Meski dia melakukannya demi mengikuti nasihat Odasaku, dia tetap berusaha membantu orang, terutama Atsushi dan Kyouka Izumi. Dia menggiring mereka keluar dari kegelapan dengan cara yang sama yang dilakukan Odasaku kepadanya. Dia melakukan hal-hal yang membuatnya tidak dianggap sebagai pahlawan, tapi dia juga melakukan apa yang tidak akan dilakukan penjahat biasa.

15. Sangat Percaya Diri

16 Fakta Osamu Dazai, Karakter Paling Rumit di Bungou Stray Dogs

Foto: YouTube

Dazai begitu tengil dan cuek karena dia tidak pernah menebak dirinya sendiri. Rencananya pun jarang gagal. Kepercayaan dirinya ini membuat marah musuh dan bahkan sekutunya sendiri. Tapi, tidak pernah ada yang benar-benar mempertanyakan penilaian Dazai.

Dia mungkin terlihat seperti pemalas ketika berada di ADA atau makan jamur halusinogenis ketika dia seharusnya bekerja. Tapi, Dazai tidak bisa diremehkan. Dia tidak pernah membiarkan orang lain tahu apa yang sebenarnya dia pikirkan. Jadi, dia muncul dengan rencana berikutnya sementara terlihat sedang bercanda.

14. Bangga Menjadi Orang yang Menjengkelkan

16 Fakta Osamu Dazai, Karakter Paling Rumit di Bungou Stray Dogs

Foto: Pinterest

Dazai sering dianggap malas oleh teman-teman sekerjanya di ADA. Doppo Kunikida, terutama, tidak tahan dengan kemalasan Dazai dan selalu marah-marah padanya. Tapi, Dazai bangga bisa menjadi orang menjengkelkan dan melakukan hal yang paling bisa membuat Kunikida uring-uringan sepanjang waktu.

Dazai tahu betul bagaimana Kunikida menghargai kesehatannya, jadi dia memanfaatkan kepolosan asisten bosnya itu dengan memberikan tips kesehatan aneh padanya. Sementara Kunikida mencatat tips itu, Dazai akan mengakui kalau dia berbohong, sehingga Kunikida mengamuk. Suatu kali, Dazai berkeliling kantor, berusaha mencari cara untuk membuat kesal Kunikida.

13. Cari Cewek buat Mati Bareng

16 Fakta Osamu Dazai, Karakter Paling Rumit di Bungou Stray Dogs

Foto: Tumblr

Dazai punya hidup yang rumit, tapi kehidupan asmaranya jauh lebih rumit. Saat membahas melukai dirinya sendiri seperti kalau itu adalah hal terbaik di dunia, dia sepertinya berusaha mencari wanita yang tepat untuk dirinya. Masalahnya, dia akan menerima cewek mana pun asal dia mau bunuh diri bersamanya.

Ini bukanlah perilaku karakter fiktifnya. Osamu Dazai asli memang berusaha bunuh diri bersama istri pertamanya, Hatsuyo, setelah tahu kalau wanita itu selingkuh dengan sahabatnya, Zenshiro Kodate. Pada akhirnya, Dazai memang tewas tenggelam di Kanal Tamagawa, tapi bersama wanita lain, yaitu Tomie Yamazaki.

12. ENTP Tak Konvensional

16 Fakta Osamu Dazai, Karakter Paling Rumit di Bungou Stray Dogs

Foto: Epicstream

Dibandingkan dengan ENTP lain favorit penggemar seperti Satoru Gojo dari Jujutsu Kaisen atau Hange Zoe dari Attack on Titan, Dazai benar-benar lain. Dia memang sama-sama blak-blakan dan tidak malu-malu seperti yang lainnya, tapi aspek lebih gelap dari masa lalunya sangat mempengaruhi kepribadiannya. ENTP dikenal karena bisa mencuri perhatian dan membuat diri mereka terkenal.

Mereka biasanya bersifat baik dan menawan, tapi selalu ada sesuatu yang lebih dalam mengintai dari balik permukaan. Dazai pas dengan tipe MBTI ini secara sempurna. Dia bahkan lebih berani dibanding yang lainnya dan penggemar suka.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1467 seconds (0.1#10.140)