Tips Aman Bersihkan Action Cam

Senin, 05 September 2016 - 23:03 WIB
Tips Aman Bersihkan Action Cam
Tips Aman Bersihkan Action Cam
A A A
JAKARTA - Action Cam saat ini memang tengah menjadi salah satu perangkat yang cukup digandrungi masyarakat, khususnya anak muda. Selain praktis, kamera berukuran mungil ini juga memiliki spesifikasi mumpuni.

Sama seperti kamera pada umumnya, sensor lensa pada action cam merupakan fitur utama yang harus diperhatikan perawatannya agar kualitas gambar tetap terjaga. Pasalnya permukaan lensa memiliki lapisan khusus yang dapat dengan mudah tergores. Oleh karena itu perlu ke hati-hatian dalam membersihkannya.

Pembersihan merupakan hal yang sering dilakukan oleh para pemilik kamera. namun harap berhati hati ketika membersihkan bagian lensa. berikut penjelasannya:

Membersihkan dari Debu

Ketika kamera sering digunakan otomatis lensa tidak dapat terhindar dari debu. Cara mengatasinya adalah dengan menyapu secara lembut menggunakan kuas khusus dalam paket cleaner kit. Atau menyemprotkan udara menggunakan blower atau lazim disebut air blower dan hindari penggunaan blower bertekanan tinggi. Meski sering dilakukan, sebaiknya hindari mengusap lensa dengan kain karena justru bisa menggoresnya.

Membersihkan LCD kamera

Debu pada viewfinder juga dapat mengganggu kejelasan penglihatan, kita bisa menggunakan micro cutton bud atau kapas yang sedikit dibasahi kemudian usap, dan pada usapan kedua menggunakan micro fiber/kapas yang kering. Namun jika kotoran membandel kita bisa menggunakan sedikit campuran air+alkohol. Usapan yang dilakukan harus satu arah sampai selesai, kemudian dengan arah berlawanan. Jangan mengusap dengan cara memutar.

Membersihkan dari Sidik Jari


Membersihkan noda sidik jari memang sedikit sulit karena diperlukan perlakuan yang sangat lembut. Anda dapat menggunakan kain micro fiber atau tisu khusus lensa(sekali pakai) kemudian hembuskan nafas ke lensa dan sapu secara lembut. Menghembuskan nafas ke lensa berfungsi untuk sedikit memberikan uap agar lensa tidak kering saat diusap. Usapan dilakukan dengan gerakan memutar dari luar ke tengah.

Apabila kita tidak membawa kain mocro fiber atau tisu bisa menggunakan kain berbahan cutton, karena bahan ini mampu membersihkan dengan baik serta memiliki tekstur yang lembut. Jangan pernah menggunakan tisu facial, handuk, kertas, material berbahan polyster, atau kain dengan tekstur yang kasar.

Membersihkan Sensor Kamera

Membersihkan Sensor membutuhkan tahapan yang lebih panjang, sebab memiliki resiko yang lebih tinggi. Pembersihan sensor biasanya sering dilakukan untuk kamera biasa bahkan DSLR, untuk Action Cam jarang sekali sensornya terdapat debu atau gangguan lain.

Namun jika ingin membersihkannya, Anda harus membuka Case dan lensa yang terkunci oleh baut. Gunakan blower, semprotkan udara untuk menghilangkan debu, kemudian sapu menggunakan kuas dengan lembut. Ketika noda yang ada pada sensor cukup membandel, kita bisa menggunakan sensor swab. Dalam paket pembelian sensor swab kita akan mendapatkan cairan khusus pembersih sensor dan sejenis kuas sebagai pembersih. Pilihlah sensor swab sesuai dengan spesifikasi type sensor kamera anda. Dihimnpun dari berbagai sumber, semoga bermanfaat.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7304 seconds (0.1#10.140)