Tips Sederhana Menjaga Keawetan Ban

Kamis, 15 September 2016 - 08:02 WIB
Tips Sederhana Menjaga Keawetan Ban
Tips Sederhana Menjaga Keawetan Ban
A A A
JAKARTA - Ban merupakan salah satu komponen penting bagi kendaraan bermotor. Namun sayangnya, dengan mobilitas yang tinggi para pengendara jadi kurang begitu memperhatikan kondisi ban pada kendaraan mereka.

Lalu bagaimana cara menjaga keawetan ban meski terua digunakan setiap hari. Dalam hal ini Kepala Departemen Technical Support PT Suyaraya Rubberindo Industries selaku produsen ban FDR, Jimmy Handoyo berbagi sedikit tips sederhana dalam merawat ban motor.

"Sebenarnya sederhana, pertama pastikan pemasangan ban pada velg sudah benar. Lalu tekanan angin sesuai standar yang ada karena kalau terlalu kencang tentu tidak baik, begitu juga sebaliknya," ujar Jimmy, saat dihubungi Sindonews, Rabu (14/9/2016).

Dirinya menambahkan, pengendara juga harus menjaga kebersihan tire pada ban dan hindari dari bahan kimia. Jika ban terkena cairan-cairan teesebut pastikan untukclangsung dibersihkqn sebab hal tersebut dapat merusak ban. Selain itu, hindari pemakaian beban berlebih pada ban dan lakukan pembersihan secara berkala.

Dalam hal ini, Jimmy juga menjelaskan sebaiknya hindari ban dari sengatan matahari secara langsung pada saat motor dalam keadaan diam. Terlebih bila parkir lebih dari satu jam, pastikan untuk menggunakan standar dua agar ban tidak bersentuhan langsung dengan permukaan aspal yang panas.

"Hal ini berguna untuk menghindari pemuaian gas yang berada didalam ban. Dampaknya tentu ban bisa meledak," paparnya.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6782 seconds (0.1#10.140)