Putin: Kelompok Wagner Sepenuhnya Dibiayai oleh Pemerintah Rusia

Rabu, 28 Juni 2023 - 13:29 WIB
loading...
Putin: Kelompok Wagner Sepenuhnya Dibiayai oleh Pemerintah Rusia
Putin: Kelompok Wagner Sepenuhnya Dibiayai oleh Pemerintah Rusia. FOTO/TASS
A A A
MOSKOW - Pemerintah Rusia sepenuhnya memastikan pembiayaan Wagner Private Military Company (PMC) atau tentara bayaran Wagner Rusia. Hal itu diungkapkan oleh Presiden Vladimir Putin pada pertemuan dengan personel militer Kementerian Pertahanan.

"Saya ingin mencatat dan saya ingin semua orang tahu bahwa pembiayaan seluruh grup Wagner sepenuhnya dijamin oleh negara," kata Putin, seperti dikutip dari kantor berita TASS, Selasa (27/6/2023).



"Kami sepenuhnya membiayai kelompok ini dari Kementerian Pertahanan, dari anggaran negara," tambah Putin.

Menurut Putin, sejak Mei 2022 hingga Mei 2023, negara bagian sendiri mengalokasikan 86,2 miliar rubel (USD1 miliar) kepada PMC Wagner dalam bentuk gaji untuk pejuang dan hadiah insentif.

"Dari jumlah itu, remunerasi setara dengan 70,38 miliar rubel, hadiah insentif sebesar 15,87 miliar rubel, pembayaran asuransi berjumlah 110,17 miliar rubel," jelas Putin.

Putin juga menjelaskan, pemilik Wagner, perusahaan Concord, menerima 80 miliar rubel (USD940 juta) dari negara dalam satu tahun untuk memasok makanan dan memberikan layanan makanan kepada tentara.

"Negara sepenuhnya memastikan pembiayaan (Wagner), sedangkan sebagian dari grup itu, perusahaan Concord ini, memperoleh 80 miliar rubel selama periode yang sama," kata Putin.



“Mudah-mudahan tidak ada yang mencuri selama kegiatan ini atau, katakanlah, mencuri lebih sedikit. Kami jelas akan menyelidiki semua ini," tegas presiden.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0945 seconds (0.1#10.140)