Performa dan Kenyamanan Toyota Calya

Jum'at, 16 September 2016 - 10:53 WIB
Performa dan Kenyamanan Toyota Calya
Performa dan Kenyamanan Toyota Calya
A A A
PENASARAN bagaimana performa dan kenyamanan mobil Toyota Calya? Sindonews berkesempatan mengendarai mobil low cost green car (LCGC) berkapasitas tujuh penumpang ini dalam perjalanan Semarang-Solo, Jawa Tengah.

Penampilannya yang modern dan stylist menggoda banyak orang untuk merasakan mobil karya anak bangsa ini. Sesuai namanya, Calya (dalam bahasa sansekerta - sempurna), mobil ini berusaha memberikan kesempurnaan bagi konsumen.

Konsep tersebut membuat penampilan Toyota Calya berbeda dengan mobil di segmennya. Penampilan Calya terlihat lebih berkelas dan mendukung gaya hidup masyarakat masa kini.

Aura modern dan agresif terlihat dari desain yang mengkombinasikan dua karakter dari grille depan, samping, ke belakang. Kisi-kisi depan tampak stylish dengan muka lampu depan berbentuk heksagonal.

Trapesium grille dan T-Shape dari Calya depan mewakili penampilan modern dan dinamis. Desain L-bentuk terbalik pada lampu belakang memberikan kesan mewah dan eksklusif

calya
Ditopang dimensi yang memenuhi persyaratan sebagai mobil MPV, dengan panjang 4.070 mm, lebar 1.655 mm dan tinggi 1.600 mm, konstruksi bodi monoque, tidak hanya membuat penampilan Toyota Calya lebih berkelas, tapi juga menawarkan ruang yang lebih lega pada interior.

Dalam test drive bertajuk, Media Test Drive Astra Toyota Calya-Wonderful Journey, jurnalis berkesempatan mencoba dua tipe mobil Toyota Calya seri G, yakni transmisi automoatic dan manual. Di mana jarak tempuh dari Kota Semarang ke Solo sekitar 113 km, cukup ideal dalam menguji ketangguhan mobil ini.

Paduan wheelbase 2.525 mm dan ground clearance 180 mm, menjadikan Toyota Calya terasa lebih stabil saat melintasi berbagai kondisi jalan.

calya
Dirancang menggunakan engine terbaru, 3NR berkapasitas 1.200 cc dengan teknologi dual VVTi, membuat performa mesin Calya terasa maksimal walau di jalan menanjak dan padat. Calya juga mempunyai getaran yang lebih halus sehingga mendukung tingkat kenyamanan berkat mesin 4 silindernya.

Engine 3NR dengan transmisi 5 speed untuk tipe manual (M/T) dan 4 speed untuk tipe automatic (A/T) Sindonews nilai memenuhi ekspektasi di kelasnya. Penggunaan steering tipe rack and pinion, serta power steering yang menggunakan teknologi electric power steering (EPS), sangat mendukung akselerasi Calya.

calya
Perbandingan gear ratio yang optimal ditunjang kinerja mesin mencapai output maksimal 88 ps pada putaran mesin (rpm) 6.000, serta torsi maksimal 11 kgm pada putaran mesin 4.200 rpm, membuat Toyota Calya memiliki performa mumpuni.

Kenyamanan dan stabilitas saat mengemudi semakin lengkap dengan digunakannya suspensi McPherson Strut with Coil with Stabilizer di bagian depan, dan Semi Independent Torsion Axle Beam with Coil with Stabilizer untuk Calya tipe G.

Untuk fitur keamanan, Toyota Calya telah dilengkapi Immobilizer Key, salah satu sistem keamanan pada kunci mobil agar terhindar dari pencurian. Kemudian, Dual SRS Airbag, yang menghadirkan perlindungan lebih dan memperkecil risiko cedera.

Tujuh buah 3-points seatbelts dengan pretesioner & force limiter terpasang untuk menjaga keselamatan pengemudi dan penumpang. Mobil ini juga dilengkapi Isofix, standar internasional untuk pemasangan kursi bayi dan balita.

Anti-Lock Braking System (ABS) telah terpasang sehingga pengereman lebih lebih solid dan responsif. Fitur Rear Parking Sensor, memudahkan pengemudi saat parkir dengan sensor di bagian belakang kendaraan. Anti-Theft System, memberikan ketenangan tambahan dengan keamanan yang lebih terjaga.

calya
Duduk di bagian dalam mobil, desain interior Calya memiliki Multi-layer Cockpit, menjadikan penampilan interior terlihat elegan dengan black dan brown kombinasi warna. Untuk memberikan kenyamanan bagi pengemudi dan penumpang, Calya telah dilengkapi beberapa fitur teratas di kelasnya, seperti power window, on-off Eco Indicator dan layar informasi multi display. Adapun lampu untuk indikator pada tuas mobil matic belum terpasang.

Duduk di kursi penumpang bagian tengah kehadiran fitur rear air cilculator yang dapat diatur membuat ruangan kendaraan terasa sejuk. Selain itu, terdapat pula tempat charge untuk mengisi ulang perangkat elektronik bagi penumpang di bagian tengah.

Untuk fitur entertainment, Toyota Calya telah dilengkapi empat speaker dari feature audio 2 DIN CD/USB/MP3/AUX/Bluetooth/Voice Call untuk mobil tipe G.

Meski berada di segmen new entry MPV dengan harga yang relatif terjangkau, secara keseluruhan performa dan kenyamanan Toyota Calya jauh di atas rata-rata mobil di kelasnya.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.6617 seconds (0.1#10.140)