Panasonic Kembangkan Baterai Lithium Ion Fleksibel, Bisa Ditekuk

Jum'at, 30 September 2016 - 20:57 WIB
Panasonic Kembangkan Baterai  Lithium Ion Fleksibel, Bisa Ditekuk
Panasonic Kembangkan Baterai Lithium Ion Fleksibel, Bisa Ditekuk
A A A
TOKYO - Panasonic salah satu pemasok baterai terbesar untuk perangkat mobile, memperkenalkan baterai lithium-ion terbaru. Berbeda dengan baterai biasa, baterai terbaru Panasonic ini fleksibel dan bisa ditekuk.

Selain fleksibel, baterai yang dikembangkan Panasonic ini sangat tipis, ketebalannya hanya 0,55 mm. Tentu dengan dimensi dan kemampuan fleksibel yang dimiliki baterai tersebut, cocok digunakan pada perangkat wearable atau perangkat elektronik kecil lainnya.

Baterai besutan Panasonic ini memiliki kemampuan fleksibilitas yang dapat dilipat hingga 15 derajat dan bisa kembali ke bentuk semula dengan sendirinya. Karena ditujukan untuk perangkat mobile atau wearable, baterai memiliki kemampuan dapat diisi ulang.

Karena masih merupakan tahap awal pengembangan, jadi kapasitas yang dimiliki oleh baterai ini masih terbilang sangat minim. Ketiga model baterai ini masing-masing memiliki kapasitas 17,5mAh, 40mAh, dan 60mAh. Dengan kapasitas serendah itu, tentu untuk digunakan pada perangkat smartphone belum mencukupi.

Namun dengan pengembangan baterai, mungkin Panasonic bisa membuat baterai fleksibel dengan kapasitas yang lebih besar. Dengan kemampuannya yang dapat dilipat, faktor keamanan masih menjadi hal utama. Perusahaan telah mengklaim jika baterai ini aman digunakan karena mereka telah menggunakan lapisan khusus di bagian luar yang memiliki susunan material tidak mudah bocor dan tidak akan mengalami panas berlebih meski telah dibengkokan atau ditekuk berulang-ulang.

Dalam laman resminya, baterai fleksibel lithium-ion ini akan tersedia di pasar pada akhir Oktober nanti. Saat ini beberapa perusahaan juga berlomba-lomba menghadirkan perangkat yang memiliki sifat fleksibel. Smartphone yang terkenal akan fleksibilitasnya adalah LG G Flex series, mungkin beberapa waktu yang akan datang semakin banyak perangkat fleksibel tersedia di pasaran.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2093 seconds (0.1#10.140)