Positif Antraks, 1 Warga Gunungkidul Meninggal Dunia

Selasa, 04 Juli 2023 - 09:25 WIB
loading...
Positif Antraks, 1 Warga Gunungkidul Meninggal Dunia
Kasus penularan antraks dari hewan ke manusia, diduga terjadi di Kabupaten Gunungkidul, hingga mengakibatkan satu orang meninggal dunia. Foto/Ilustrasi/Dok.
A A A
GUNUNGKIDUL - Kasus penularan antraks dari hewan ke manusia, diduga terjadi di Semanu, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Bahkan, akibat positif terinfeksi antraks, seorang warga meninggal dunia.



Dari empat warga di Semanu, yang meninggal dunia dalam waktu hampir bersamaan, satu di antaranya positif terinfeksi antraks. Peristiwa ini juga dibenarkan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul, Dewi Irawaty.



"Benar, ada seorang warga dinyatakan positif terkena penyakit zoonosis atau penularannya terjadi dari hewan ke manusia," kata Dewi Irawaty. Menurutnya, temuan kasus zoonosis ini sedang ditindaklanjuti.



Kini dia mengaku mesih melakukan pengumpulan data berkaitan dengan dugaan zoonosis tersebut. Sehingga, pihaknya belum bisa menyampaikan secara detail perkembangan penanganan kasus tersebut.

Dari hasil temuan sementara, menurutnya ada satu warga Semanu, meninggal dunia terpapar antraks. Dia mengaku masih menunggu laporan lengkap dari tim kesehatan di lapangan. "Informasi awal yang beredar, memang penyebabnya zoonosis," imbuh Dewi.

Dewi menyebut, dari hasil penelusuran sementara yang telah dilakukan, sebelum meninggal dunia korban dikabarkan sempat makan daging terpapar antraks. Namun hal itu masih menunggu hasil uji laboratorium.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1255 seconds (0.1#10.140)