Kinerja Ekspor Toyota Indonesia Dapat Pengakuan dari Pemerintah

Rabu, 12 Oktober 2016 - 15:37 WIB
Kinerja Ekspor Toyota Indonesia Dapat Pengakuan dari Pemerintah
Kinerja Ekspor Toyota Indonesia Dapat Pengakuan dari Pemerintah
A A A
JAKARTA - PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) meraih penghargaan bergengsi Primaniyarta Award 2016 dari Kementerian Perdagangan Republik Indonesia. Penghargaan ini diterima Toyota yang ke-7 kalinya di kategori Eksportir Berkinerja.

Primaniyarta 2016 diserahkan langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo yang didampingi oleh Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita kepada Senior Direktur TMMIN, Edward Otto Kanter dalam acara pembukaan Trade Expo 2016.

“Kami sangat senang kembali mendapatkan apresiasi dari Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Perdagangan RI atas kinerja ekspor Toyota Indonesia yang stabil dan terus berkembang. Semoga, kinerja ekspor kami dapat berkontribusi dalam upaya meningkatkan ekspor non-komoditas yang mendukung penambahan devisa negara,” ujar Edward Otto Kanter dalam keterangan resminya, Rabu (12/10/2016).

Edward menambahkan, aktivitas ekspor yang berbuah penghargaan ini tidak dapat kami capai tanpa dukungan dari semua pihak terutama Pemerintah Indonesia yang menyediakan berbagai sarana, infrastruktur, dan regulasi.

Penghargaan Primaniyarta telah diperoleh TMMIN sejak 2008, 2010, 2011 dan berturut – turut diterima 4 kali sejak 2013 hingga 2016. Pengakuan pencapaian prestasi atas kinerja ekspor TMMIN juga dikukuhkan oleh Bank Indonesia pada Desember tahun lalu melalui penghargaan sebagai “Perusahaan Pelapor Devisa Hasil Ekspor Terbaik 2015” dengan pencatatan nilai ekspor Toyota sebesar USD 2 milyar dan akumulasi mencapai lebih dari USD 15 milyar.

TMMIN berhasil menambah varian ekspor kendaraan utuh bermerek Toyota dari 8 model yang terdiri dari Kijang Innova, Fortuner, Vios, Yaris, Avanza, Rush, Town/Lite Ace, and Agya, menjadi 9 model dengan dimulainya ekspor Sienta ke beberapa negara di Asia. Produk - produk andalan ekspor ini diproduksi di pabrik Toyota dan grupnya di Indonesia dengan dukungan kapabilitas sumber daya manusia berkelas global.

Selain menambah produk ekspor dalam bentuk kendaraan utuh, TMMIN juga memulai ekspor mesin bensin dan ethanol tipe R-NR yang baru saja mulai diproduksi di bulan Maret 2016 lalu. Ekspor ini melengkapi line-up mesin bensin dan ethanol tipe TR-K.

TMMIN juga mengekspor kendaraan terurai (CKD/Completely Knock Down), komponen kendaraan serta alat bantu produksi berupa jigs (alat bantu dalam proses pengelasan), dan dies (alat bantu dalam proses pengepresan) yang sekaligus menunjukan tingkat kedalaman industri TMMIN.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4047 seconds (0.1#10.140)