6 Jajanan Pasar Rendah Kalori, Cocok untuk yang Suka Ngemil

Minggu, 09 Juli 2023 - 17:07 WIB
loading...
6 Jajanan Pasar Rendah Kalori, Cocok untuk yang Suka Ngemil
Terdapat sejumlah jajanan pasar rendah kalori yang perlu diketahui. Foto/Freepik
A A A
JAKARTA - Terdapat sejumlah jajanan pasar rendah kalori yang perlu diketahui. Hampir semuanya menjadi favorit masyarakat Tanah Air.

Jajanan pasar memiliki banyak varian yang menggugah selera. Selain karena harganya yang murah dan mudah ditemukan, deretan jajanan ini selalu menjadi incaran para pemburu camilan.

Terkait kandungan kalori, terdapat sejumlah jajanan pasar yang memiliki kalori relatif rendah. Berikut beberapa di antaranya.


Jajanan Pasar Rendah Kalori

1. Kue Putu

Putu Ayu menjadi salah satu jajanan tradisional legendaris di Indonesia. Jenis olahan yang satu ini memiliki rasa khas yang manis dan gurih.

Pada pengolahannya, kue putu dibuat dengan cara dikukus. Hal ini membuatnya rendah kalori. Satu biji kue putu ayu diperkirakan hanya memiliki sekitar 26 kalori saja.

2. Hunkwe Mutiara

Memiliki bentuk yang cantik, rasa dari jajanan ini sangat lembut dan enak. Hunkwe Mutiara disebutkan mengandung kalori sekitar 85 Kkal.

Selain rendah kalori, jajanan ini juga kaya protein nabati yang berasal dari pati kacang hijau. Bahan tersebut juga diketahui tinggi serat, sehingga cocok untuk mengganjal perut lebih lama.

3. Bubur Kacang Hijau

Bubur kacang hijau menjadi salah satu jajanan pasar yang banyak disukai. Selain rasanya yang enak, makanan ini juga kaya akan serat, sehingga membuat orang kenyang lebih lama ketika memakannya.

Tak hanya itu, bubur kacang hijau juga memiliki kalori rendah dan bagus untuk penderita kolesterol yang memang dianjurkan memakan olahan dari kacang. Namun, perlu diperhatikan cara konsumsinya, termasuk mengurangi kadar santan yang disematkan.

4. Getuk

Jajanan pasar rendah kalori berikutnya adalah getuk. Bagi masyarakat Tanah Air, makanan ini sangat disukai untuk dijadikan camilan penunda lapar.

Berdasarkan kandungannya, getuk juga termasuk jenis jajanan yang rendah kalori. Per potongnya memiliki kalori yang relatif kecil, sehingga membuatnya aman dikonsumsi sebagai camilan.


5. Nagasari

Nagasari merupakan jenis kue tradisional yang terbuat dari tepung beras. Biasanya olahan ini diisi pisang serta terbungkus daun pisang.

Jenis jajanan ini juga termasuk olahan yang rendah kalori. Proses pembuatan yang dikukus membuatnya aman dikonsumsi karena tidak memiliki banyak kandungan lemak jenuh.

6. Klepon

Mirip dengan kue putu, jajanan tradisional ini memiliki isian gula merah dan menjadi favorit banyak orang. Sama seperti deretan jajanan di atas, proses pembuatannya juga dikukus dan rendah kalori.

Itulah sejumlah jajanan pasar rendah kalori yang perlu diketahui.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1321 seconds (0.1#10.140)